Tubuh Kebal dan Jantung Jadi Sehat Jika Rajin Makan Kulit Jeruk

Selasa, 14 April 2020 - 07:33 WIB
loading...
Tubuh Kebal dan Jantung Jadi Sehat Jika Rajin Makan Kulit Jeruk
Pasti kamu sering makan buah jeruk dan membuang kulitnya. Setelah membaca artikel ini, kamu mungkin akan pikir-pikir untuk membuangnya. Foto : Okezone/Doc
A A A
MAKASSAR - Pasti kamu sering makan buah jeruk dan membuang kulitnya. Setelah membaca artikel ini, kamu mungkin akan pikir-pikir untuk membuangnya. Sebab ternyata kulit jeruk memiliki banyak sekali manfaat. Utamanya dalam membantu mendapatkan sistem kekebalan tubuh agar virus tak mudah mendekat di tubuhmu. Berikut manfaat kulit jeruk dilansir dari berbagai sumber.

1. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh
Kulit jeruk mengandung polifenol. Senyawa ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas dan peradangan. Polifenol dapat memicu respon sistem kekebalan tubuh dan merangsang pertumbuhan sel. Kulit jeruk bisa mengurangi resiko berbagai penyakit diantaranya penyakit jantung, masalah pencernaan, penurunan fungsi saraf, diabetes tipe 2, radang pankreas dan beberapa jenis kanker.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan nutrisi tertinggi dalam kulit jeruk adalah serat, mineral dan vitamin. Seratus gram kulit jeruk mengandung 11 gram serat, sementara satu sendok makan kulit jeruk mengandung vitamin C dalam jumlah tiga kali lipat dari daging buahnya. Serat mampu menurunkan kolesterol, sedangkan vitamin C melindungi jantung pembuluh darah dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Menjaga Kesehatan Gigi
Kulit jeruk mengandung senyawa antibakteri serta mineral, fosfor dan kalsium. Senyawa antibakteri bakteri berguna pembentukan plak serta gigi berlubang. Kulit jeruk juga memiliki senyawa yang disebut limonene. Yang disinyalir dapat memutihkan gigi secara alami.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)