Dianggap Sebabkan Masalah Organ Intim, Amankah Pakai Gel saat Berhubungan Badan?

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:12 WIB
loading...
Dianggap Sebabkan Masalah Organ Intim, Amankah Pakai Gel saat Berhubungan Badan?
Seks yang aman dan menyenangkan adalah saat istri maupun suami tidak merasa kesakitan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Tidak sedikit pasangan suami istri yang menggunakan gel atau lubricant saat berhubungan badan . Sebagian orang menganggap jika hal tersebut kurang tepat.

Salah satu alasan yang diyakini oleh mereka adalah penggunaan gel saat seks bisa menyebabkan masalah organ intim.

Namun, benarkah pendapat tersebut?

Seks yang aman dan menyenangkan adalah saat istri maupun suami tidak merasa kesakitan. Penetrasi yang kering memicu rasa sakit yang terjadi saat seks, dan karena itu peran gel sangat diperlukan.

Baca juga: Bantah Lempar Bola Biliar ke Lesti Kejora, Rizky Billar Ngaku Cuma Menggertak

"Pakai gel saat seks, ya, enggak apa-apa. Buktinya, saat pemeriksaan dengan dokter Obgyn atau ketika papsmear, semua itu pakai gel kan? Jadi, penggunaan gel saat seks tidak masalah," ungkap seksolog Zoya Amirin saat sesi Live Instagram Okezone, beberapa waktu lalu.

Meskipun begitu, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan jika seks dengan gel. Adalah penentuan jenis gel yang dipakai.

Zoya menjelaskan, ada dua jenis gel untuk seks, pertama gel dengan bahan dasar air, dan kedua berbahan dasar minyak. Nah, penentuan jenis gel ini disesuaikan selera pasangan suami istri.

"Namun, saya bisa kasih saran untuk tidak pilih gel yang berbahan dasar minyak jika seks dilakukan dengan kondom. Sebab, gel oil tidak bisa dipakai bersamaan dengan kondom," beber Zoya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)