4 Manfaat Melamun Bagi Kesehatan Mental, Nomor Terakhir Sangat Penting

Senin, 10 Oktober 2022 - 16:37 WIB
loading...
A A A
2. Membantu menemukan ‘life goals’

Pikiran yang tak tentu arah saat melamun terkadang justru dapat memicu motivasi seseorang untuk menentukan masa depannya.

Namun, tidak semua lamunan bisa membantu mencapai tujuan. Kalau lamunan yang tidak terstruktur namun cenderung ke fantasi, justru malah bisa membuat Anda semakin jauh dari realitas.

Lamunan yang membantu mencapai tujuan adalah lamunan terstruktur. Tepatnya ketika Anda melamunkan apa-apa yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan atau goal dalam kehidupan.

Membayangkan atau melamun tentang salah satu tujuan kehidupan akan memicu Anda untuk memikirkan langkah-langkah yang akan diambil, cara untuk tetap termotivasi, dan cara mengatasi rintangan.

3. Memberi relaksasi pikiran

Lewat melamun, Anda bisa sejenak mengabaikan huru-hara dunia luar dan membiarkan pikiran mengalir dengan bebas. Hal ini dapat mendorong relaksasi mental dan eksplorasi. Ketika pikiran mengalir seperti ini, Anda akan berada dalam kondisi yang disebut gelombang alfa.

Ketika berada di zona alfa, Anda akan merasa tenang dan tidak memikirkan apapun. Istirahat dengan melamun tidak hanya menyenangkan tetapi juga diperlukan.

4. Membantu memecahkan masalah

Melamun juga dinilai dapat membantu seseorang memecahkan masalah dengan membiarkan pikiran mengembara yang dapat merevitalisasi diri. Setelah melamun, Anda dapat kembali ke akar permasalahan dengan pikiran lebih segar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)