Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Tantrum pada Anak

Rabu, 12 Oktober 2022 - 18:22 WIB
loading...
A A A
Ketika anak menangani situasi yang sulit tanpa mengamuk, dorong mereka untuk mendengarkan bagaimana rasanya. Misalnya, "Saya baru saja melihat kamu membangun menara itu tanpa merasa sedih ketika jatuh. Bagaimana rasanya? Apakah kamu merasa kuat dan senang?"

Bicarakan tentang emosi setelah tantrum saat anak tenang. Misalnya, "Apakah kamu melempar mainan itu karena kamu kesal karena tidak berfungsi? Apa lagi yang bisa kamu lakukan?"

Model reaksi positif terhadap stres. Misalnya, "Saya khawatir lalu lintas ini membuat kita terlambat. Jika saya menarik napas dalam-dalam, itu akan membantu saya tetap tenang."

Cara Menangani Tantrum

Ketika tantrum terjadi, cara meresponsnya tergantung pada usia anak Anda. Untuk balita, waktu masuk bekerja dengan baik –tetap dekat, tawarkan kenyamanan, dan yakinkan anak bahwa Anda memahami perasaan mereka.

Untuk anak yang lebih besar, Anda dapat menggunakan 5 langkah menenangkan –mengidentifikasi emosi, menyebutkannya, berhenti sejenak, mendukung anak Anda saat mereka tenang, dan mengatasi masalah yang memicu tantrum.

Dan kiat-kiat ini mungkin membantu amukan berlalu dengan lebih sedikit tekanan untuk semua orang.

- Pastikan anak Anda dan orang lain di sekitar aman. Ini mungkin berarti membawa anak anda ke tempat lain jika perlu.

- Setelah anak Anda berada di tempat yang aman, dengan tenang akui emosi yang mereka ekspresikan –bicaralah dengan perlahan dan dengan suara rendah.

- Tetap diam dengan anak sampai mereka tenang. Sentuh atau tahan mereka jika mereka menginginkan, atau beri mereka lebih banyak ruang fisik jika mereka membutuhkannya. Jangan mencoba berargumentasi dengan anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)