Konsumsi Sayur Penting untuk Menjaga Imunitas di Masa Pandemi

Senin, 06 Juli 2020 - 11:45 WIB
loading...
Konsumsi Sayur Penting untuk Menjaga Imunitas di Masa Pandemi
Foto/shutterstock
A A A
KONSUMSI sayur sangat penting di masa pandemi ini. Kandungan vitamin dalam sayur sangat efektif untuk membantu menjaga imunitas tubuh.

Mengkonsumsi makanan sehat dengan nilai gizi dan kandungan nutrisi yang sekaligus untuk jaga imunitas tubuh tentunya saat ini semakin menjadi perhatian. Sebab makanan yang dikonsumsi sehari-harinya bukan sekadar untuk sumber energi saja. Tetapi kandungan nutrisi maupun zat gizinya harus bisa menjaga tubuh agar tetap sehat, terutama baik untuk daya tahan tubuh. Berbagai menu berikut pun bisa jadi referensi Anda memasak di rumah dan menjadi variasi menu sehari-hari yang mudah.

Pertama ada pilihan menu tumis sayuran yang menjadi sumber serat dan vitamin. Anda dapat membuatnya dengan satu jenis sayuran saja atau kombinasi, misalnya sayuran bayam yang ditumis bersama bawang putih dengan nilai gizi vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta kalsium, asam folat, zat besi dan potassium yang baik untuk ibu hamil maupun orang yang ingin menjaga tekanan darah tetap sehat. (Baca: Sambut "New Normal", Bagaimana Tren Traveling 2020)

Pilihan sayur lainnya adalah tumis brokoli dengan kandungan vitamin C serta serat yang baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat. Brokoli juga mengandung protein, karbohidrat, serta berbagai jenis vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan Vitamin K yang tentu saja baik untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap fit. Kedua jenis sayuran ini juga merupakan anti kanker, kalau Anda memasaknya dengan rempah bawang putih maka manfaat seperti menangkal batuk dan radang pun akan ikut terpenuhi.

Sayuran hijau yang bisa menjadi menu untuk jaga daya tahan tubuh lainnya adalah buncis. Buncis diklaim memiliki kandungan protein dan berbagai nutrisi penting lainnya seperti asam amino yang dapat memperbaiki jaringan tubuh. Sayuran buncis juga memiliki kandungan yang dapat memelihara enzim dan menjaga sistem organ tetap berfungsi baik. Termasuk kandungan zat yang ada di dalamnya memiliki serat, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K, serta folat yang baik bagi imunitas tubuh Anda. Mengolah sayuran buncis juga terbilang mudah. Anda hanya cukup menjadikannya sebagai tumisan sederhana bersama cacahan bawang putih saja. Namun, kalau ingin lebih variatif sayuran buncis juga enak ditumis bersama daging cincang. (Baca juga: 8 Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas)

Nah, kalau ingin pilihan sayur yang dimakan mentah sebaiknya jadikan saja salad bowl. Salad bowl bisa berisi aneka jenis sayuran hijau seperti selada, lettuce, dan serutan wortel yang ditambahkan dengan tomat cheri dan jagung. Lalu untuk dressing salad Anda cukup menambahkan olive oil yang dipadu bawang putih dan merica. Namun jenis sajian salad yang kaya akan berbagai sumber vitamin A, vitamin B, dan vitamin C ini akan makin terasa komplit jika Anda menambahkan ikan tuna maupun ikan salmon sebagai sumber protein hewaninya.

Selain sayuran hijau tadi, ada pula jamur yang bisa Anda masak dengan mudah di rumah. Jamur sendiri memiliki beragam jenis yang bisa Anda pilih sesuai kesukaan keluarga di rumah. Seperti jamur tiram yang dapat diolah menjadi sup, caranya pun sangat mudah. Setelah dicuci, masak jamur dengan menumis bumbu bawang putih, lalu tuangkan air serta masak hingga mendidih. Selanjutnya masukkan jamur tiram, sedikit lada dan garam, masak hingga matang. (Lihat videonya: Nekat Tiktokan di Jembatan Suramadu, Tiga Emak-emak Berususan dengan Polisi)

Sup jamur juga bisa dibuat kental maupun hanya dijadikan tumisan dengan menambahkan sedikit tepung maizena. Jamur ini memiliki kandungan vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dan sangat penting peranannya untuk kesehatan tulang Anda, serta sebagai anti kanker dan menjaga daya tahan tubuh. Kini pilihan menu sayuran dikala musim panca roba dan ingin terus menjaga daya tahan tubuh begitu banyak bukan? Langsung saja mencoba berbagai menu tadi di rumah. (Dyah Ayu Pamela)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)