Setelah Gosok Gigi, Sebaiknya Berkumur atau Tidak?

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 16:40 WIB
loading...
A A A
Seperti dilansir laman kesehatan Healthline pada SAbtu (22/10/2022), beberapa ahli, termasuk Oral Health Foundation Inggris, merekomendasikan untuk meludahkan air liur atau pasta gigi yang berlebih setelah Anda selesai menyikat gigi daripada berkumur.



Biarkan fluoride tertinggal di gigi, dan cobalah untuk menghindari makan atau minum selama 10 menit atau lebih setelah selesai menyikat gigi.

Terdapat sejumlah potensi risiko tidak berkumur setelah menyikat gigi. Dan risiko yang akan terjadi jika seseorang menelan sejumlah besar fluoride adalah mual, diare, dan sakit perut.

Akan tetapi, efek samping itu sangat jarang terjadi ketika hanya pasta gigi berfluoride seukuran biji jagung yang digunakan. Efek samping ini juga biasanya hanya terjadi ketika anak-anak menelan sejumlah besar produk fluoride yang ditujukan untuk orang dewasa.

Tidak ada konsensus apakah Anda harus berkumur dengan air setelah menyikat gigi, tetapi tidak berkumur dapat bermanfaat bagi orang yang rentan terhadap kerusakan gigi.

Melewati langkah berkumur dan hanya meludahkan pasta gigi bahkan lebih baik, karena meninggalkan lapisan fluoride pada gigi Anda untuk membantu melindungi dari gigi berlubang.

Baca juga: Kemenkes Ingatkan Masyarakat untuk Kenali Gejala Khas Gangguan Ginjal Akut Berikut Ini

Namun, berkumur dapat membantu menghilangkan plak setelah flossing, menghilangkan rasa pasta gigi dari mulut, dan mencegah menelan terlalu banyak fluoride. Tetapi yang paling penting adalah Anda mempraktikkan kebersihan mulut yang baik setiap hari.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)