3 Alasan Pentingnya Label BPOM pada Kosmetik, Anda Harus Tahu!

Selasa, 25 Oktober 2022 - 14:41 WIB
loading...
3 Alasan Pentingnya Label BPOM pada Kosmetik, Anda Harus Tahu!
BPOM bertugas memastikan semua produk terkait obat dan makanan yang ingin diedarkan kepada masyarakat tidak menggunakan bahan berbahaya. Termasuk juga kosmetik. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - BPOM bertugas memastikan semua produk terkait obat dan makanan yang ingin diedarkan kepada masyarakat tidak menggunakan bahan berbahaya. Termasuk juga kosmetik . Bila teruji bebas zat berbahaya, izin edar pun bakal dikeluarkan.

Ya, semua kosmetik yang diedarkan di Indonesia harus sudah memiliki izin dari BPOM. Hal tersebut sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 1176/Menkes/Per/VIII/2010 tentang Notifikasi Kosmetika.

Peraturan tersebut menjamin semua produk kosmetik yang diproduksi dan diedarkan di pasar sudah memenuhi kriteria keamanan, manfaat, mutu, penandaan, serta klaim. Dengan demikian, masyarakat akan merasa aman dengan produk kosmetik yang mereka gunakan.



Berikut tiga alasan mengapa izin BPOM untuk produk kosmetik menjadi sangat penting.

1. Jadi Jaminan Kualitas dan Keamanan

Pentingnya izin BPOM untuk produk kosmetik yang pertama adalah, lembaga tersebut memberikan jaminan kualitas dan keamanan dari sebuah produk kosmetik.

Lisensi BPOM dapat meyakinkan masyarakat bahwa produk kosmetik yang dijual itu aman dan tidak berbahaya. Sebab, kandungan dan cara produksinya telah diawasi oleh BPOM.

BPOM mampu menjamin suatu produk aman karena mereka melakukan pengujian pada sampling, pengujian laboratorium, serta pemeriksaan sarana produksi dan distribusi. Hal ini akan memberikan jaminan yang lebih pada konsumen bahwa produk yang telah terdaftar pada BPOM sudah sesuai dengan prosedur.

Distribusinya juga dilakukan tanpa melanggar hukum, sehingga produk kosmetik aman untuk dibeli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)