Tips Komunikasi di Dunia Maya, Sopan dan Beretika Agar Aman

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 12:49 WIB
loading...
A A A
Selain masalah privasi dan kesopanan, pentingnya menjaga keamanan pada perangkat digital yang dipakai juga perlu. Menurut Indra Samsie, keamanan digital adalah sebuah proses untuk memastikan penggunaan layanan digital, baik secara daring maupun luring, dapat dilakukan secara aman. Tidak hanya mengamankan data yang kita miliki, tetapi juga untuk melindungi data pribadi yang bersifat rahasia.

“Apakah akun kita sudah cukup aman? Untuk memastikan, gunakan kata sandi yang kuat berupa kombinasi huruf dan angka; aktifkan pengamanan dua langkah; lalu terus perbarui perangkat lunak yang dipakai dalam gawai kita,” ucapnya.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif.

Kegiatan ini khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Sulawesi dan sekitarnya yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0.



Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)