3 Bagian Tubuh yang Sakit saat Terkena Kolesterol, Tak hanya Leher Kaku

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 18:55 WIB
loading...
3 Bagian Tubuh yang Sakit saat Terkena Kolesterol, Tak hanya Leher Kaku
Ada tiga bagian tubuh yang sakit saat terkena kolesterol. Tak hanya leher kaku, kadar kolesterol dalam darah yang melonjak bisa menyebabkan keluhan lainnya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada tiga bagian tubuh yang sakit saat terkena kolesterol . Tak hanya leher kaku, kadar kolesterol dalam darah yang melonjak bisa menyebabkan sejumlah keluhan lainnya yang harus diwaspadai.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah. Endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri.

Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Berikut bagian tubuh yang sakit saat terkena kolesterol seperti dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (29/10/2022).



1. Dada Terasa Nyeri

Seseorang dengan kolesterol tinggi bisa merasakan sakit, seperti nyeri dibagian dada. Plak atau timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah jantung menyebabkan peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

Akibatnya nyeri dada dialami karena kurangnya pasokan darah yang kaya oksigen tidak mengalir lancar. Hal ini bisa jadi salah satu pemicu dari penyakit jantung dan stroke.

2. Kesemutan di Kaki atau Tangan

Seseorang mengalami kesemutan juga perlu diwaspadai lantaran bisa jadi salah satu tanda dari kolesterol tinggi. Kondisi ini terjadi karena pembuluh darah arteri yang menyuplai darah ke area kaki menyempit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2697 seconds (0.1#10.140)