3 Tahap Lakukan CPR untuk Pertolongan Pertama seperti Dilakukan pada Korban Insiden Halloween Korsel

Minggu, 30 Oktober 2022 - 08:48 WIB
loading...
A A A
Letakkan salah satu telapak tangan di dada tengah korban atau di antara payudara. Letakkan juga telapak tangan Anda yang lain di atas telapak tangan pertama. Pastikan siku Anda lurus dengan bahu atas sejajar. Mulai menekan dada korban setidaknya 100-200 kali per menit dengan kecepatan 1-2 tekanan per detik. Lakukan penekanan dengan kekuatan tubuh bagian atas dan jangan menggunakan kekuatan lengan.

Pastikan Anda melihat tanda korban bernapas atau memberikan respons. Jika tidak, lakukan tahap selanjutnya.

2. Tahap Membuka Jalur Nafas/Airways

Cara melakukan tahap ini adalah dengan mendongakkan kepala korban, letakkan tangan Anda di dahi korban, miringkan kepala korban ke belakang, angkat dagu korban secara perlahan untuk membuka saluran napas.

3. Tahap Pemberian Napas Buatan/Breathing

Setelah membuka saluran pernapasan korban, Anda bisa melakukan pemberian napas buatan melalui mulut ke mulut atau mulut ke hidung. Meski demikian, cara ini hanya dilakukan jika Anda sudah terlatih.

Cara melakukannya adalah, jepit hidung korban lalu ambil posisi untuk menempatkan mulut Anda ke mulut korban. Tiupkan napas atau udara sebanyak dua kali. Lakukan cara ini sembari melihat dada korban apakah sudah bernapas atau belum. Jika belum, periksa kembali leher korban untuk mengetahui apakah ada sumbatan atau tidak.

Ulangi proses kompresi sebanyak 30 kali diikuti dengan dua kali napas buatan.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)