5 Jenis Puting Payudara yang Perlu Anda Ketahui

Selasa, 01 November 2022 - 17:50 WIB
loading...
A A A
3. Puting Payudara Inverted (Terbalik atau Masuk ke Dalam)

Puting payudara jenis ini terlihat seperti tenggelam atau masuk ke dalam areola. Hal ini bisa disebabkan oleh jaringan payudara yang menempel ke dasar puting. Puting bisa distimulasi seperti puting normal secara manual dengan memberinya rangsangan.

Jika Anda memiliki jenis puting payudara inverted sejak lahir, berarti hal ini normal. Namun, Anda perlu waspada jika puting Anda yang tadinya normal, tiba-tiba berubah bentuk menjadi inverted. Hal ini disebut dengan puting retraksi. Kondisi ini dapat berisiko pada masalah kesehatan yang serius.

4. Puting Payudara Berambut

Puting payudara yang memiliki rambut-rambut halus merupakan hal yang wajar. Jika merasa risih dengan rambut di sekitar puting, Anda dapat melakukan waxing, mencabut, atau mencukurnya.

Namun, hal ini perlu diwaspadai apabila puting yang berambut disertai dengan gejala lain seperti haid tidak lancar dan tumbuh rambut di wajah. Segera periksa ke dokter, karena berisiko memiliki masalah kesehatan yang serius.

5. Puting Payudara Supernumerari (Ganda)

Pada jenis ini, puting payudara terdapat dua atau lebih di salah satu bagian areola. Walaupun merupakan kondisi yang langka, namun hal ini termasuk wajar. Jika kondisi puting ini mengganggu, bisa Anda hilangkan dengan cara operasi atas anjuran dokter. Namun jika sampai keluar nanah, nyeri, dan sebagainya, periksakanlah ke dokter. MG/Sekar Rahmadiana Ihsan
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3137 seconds (0.1#10.140)