4 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah

Rabu, 02 November 2022 - 06:30 WIB
loading...
4 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah
Darah rendah membuat penderitanya mudah lelah, lemas, dan tidak bertenaga. Hal ini menjadikan mereka enggan melakukan fisik seperti berolahraga. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Darah rendah membuat penderitanya mudah lelah, lemas, dan tidak bertenaga. Hal ini menjadikan mereka enggan melakukan fisik seperti berolahraga. Padahal, olahraga sangat menyehatkan, menyegarkan, sekaligus bisa mengembalikan mood.

Ya, banyak pasien yang mengalami darah rendah terpaksa menghindari olahraga. Mereka khawatir aktivitas fisik yang berlebihan dapat berakibat buruk pada kondisi tubuh.

Padahal, olahraga tetap dibutuhkan oleh pasien darah rendah demi kebugaran tubuh mereka. Disarankan agar pasien darah rendah berolahraga 150 menit dengan intensitas sedang dalam seminggu.



Ada beberapa olahraga ringan yang cocok dilakukan oleh pasien darah rendah. Berikut informasinya.

1. Berjalan

Pertama ialah berjalan. Olahraga ringan ini bisa dilakukan oleh pasien darah rendah. Berjalan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh tetap aktif. Pemula bisa memulai dengan jalan cepat selama 5 sampai 10 menit dan secara bertahap meningkatkan kecepatan.

Setelahnya, Anda dapat meningkatkan waktu hingga 30 menit per sesi dan dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

2. Bersepeda

Olahraga selanjutnya ialah bersepeda. Tak hanya seru, bersepeda juga merupakan kegiatan olahraga yang baik untuk penderita darah rendah. Cobalah mengendarai sepeda selama 10 menit. Anda bisa melakukannya saat weekend atau ketika ada waktu luang.



3. Squats

Kemudian ada olahraga squats. Aktivitas ini selalu bermanfaat untuk sirkulasi darah dan oksigen khususnya pasien darah rendah. Anda dapat berlatih jongkok dengan kursi untuk menopang tubuh. Anda dapat memulai dari 15 hingga 20 repetisi dan meningkatkan kecepatannya.

4. Push Up

Satu lagi olaharaga yang cocok untuk pasien darah rendah ialah push up. Ini merupakan latihan tekanan darah rendah ideal yang membantu menurunkan lemak perut dan obesitas. Cobalah untuk melakukannya dengan ringan dan perlahan. Anda bisa meningkatkan intensitasnya sedikit demi sedikit sesuai kemampuan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)