Tekanan Darah Normal Sesuai Usia, Ini Kisaran Angkanya!

Selasa, 17 Agustus 2021 - 07:30 WIB
loading...
Tekanan Darah Normal Sesuai Usia, Ini Kisaran Angkanya!
Tekanan darah normal berbeda sesuai tingkatan usia. Foto/Healthday
A A A
JAKARTA - Tekanan darah adalah salah satu aspek kesehatan yang penting. Tekanan darah yang tidak normal, terutama tekanan darah tinggi bisa memicu berbagai penyakit kardiovaskular. Angka tekanan darah normal untuk sistolik tidak lebih dari 120 mmHg dan diastolik di bawah 80 mmHg.

Meski begitu, ukuran tekanan darah pada setiap orang dapat berbeda-beda tergantung pada usianya. Memang seiring bertambahnya usia, pembuluh darah cenderung menjadi lebih kaku dan penumpukan plak dapat terjadi, sehingga terjadi peningkatan pada tekanan darah. Jika dibiarkan, beberapa masalah kesehatan lainnya mungkin saja terjadi.

Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi berisiko lebih besar untuk mengidap penyakit jantung, stroke, dan lainnya. Berikut ini tekanan darah normal seseorang berdasarkan tingkatan usianya seperti dilansir laman Healthday:

Baca Juga : Diabetes dan Hipertensi Tingkatkan Risiko Stroke Pasien Covid-19

1. Tekanan Darah Normal Anak

Pada anak, tekanan darah yang normal agak sulit diketahui karena anak-anak mengalami banyak fase pertumbuhan yang cepat. Bayi baru lahir biasanya akan memiliki tekanan darah normal pada angka 90/80 mmHg. Tekanan darah ini tidak terus-menerus berada di angka yang sama.

Tekanan darah normal pada angka 90/80 mmHg akan berubah saat anak menginjak usia 3–12 tahun. Pada usia tersebut, tekanan darah normal akan berubah pada angka 104–113 mmHg hingga 119–127 mmHg.

2. Tekanan Darah Normal Orang Dewasa

Orang dewasa memiliki tekanan darah normal di angka 120/80 mmHg. Tekanan darah ini bisa berubah-ubah setiap harinya sesuai dengan faktor yang memengaruhinya. Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan jantung saat memompa darah, sedangkan angka 80 menunjukkan angka ketika organ jantung beristirahat sejenak saat proses memompa darah.

3. Tekanan Darah Normal Ibu Hamil

Pada ibu hamil, tekanan darah akan menunjukkan angka yang drastis ketika terjadi kenaikan atau penurunan. Secara normal, tekanan darah normal pada ibu hamil sama dengan orang dewasa yakni pada angka 120/80 mmHg. Namun, tekanan darah pada ibu hamil biasanya cenderung meningkat atau bahkan turun karena pengaruh hormon yang sedang meningkat.

Baca Juga: 3 Penyakit yang Bisa Mempersingkat Hidup hingga 14 Tahun

4. Tekanan Darah Makin Meningkat Seiring Bertambahnya Usia

Sebuah penelitian medis mengungkap bawha seiring bertambahnya usia maka makin tinggi juga tekanan darahnya. Tekanan darah akan sedikit meningkat untuk mengakomodasi peningkatan kebutuhan terhadap oksigen dan nutrisi. Pengukuran yang paling umum dilakukan untuk tekanan darah pria adalah 100 plus usia sekarang. Sementara pada wanitaadalah 100 plus usia dikurangi 10.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)