7 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Pancaroba, Cirinya Mirip Covid-19

Jum'at, 04 November 2022 - 22:32 WIB
loading...
A A A
ISPA biasanya dialami oleh anak-anak atau balita, karena sistem kekebalan tubuh mereka yang belum terbentuk sempurna. Selain anak-anak dan balita, lansia juga rentan terhadap penyakit ini, karena sistem kekebalan tubuh mereka sudah menurun.



3. Diare

Diare juga menjadi penyakit yang sering dialami oleh masyarakat di musim pancaroba. Diare biasanya disebabkan oleh infeksi rotavirus. Gejalanya ditandai dengan feses yang encer, mual dan muntah, sakit perut, perut kembung, serta meningkatnya intensitas buang air besar.

Penyakit ini juga dapat sembuh dengan sendirinya. Namun jika parah, diare bisa terjadi dalam waktu yang lama, lebih dari dua hari, atau bahkan mencapai berminggu-minggu.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam berdarah dengue (DBD) di musim pancaroba biasanya mengalami peningkatan. Suhu udara dan kondisi lingkungan yang lembab menjadikan nyamuk lebih mudah berkembang biak. DBD ditandai dengan gejala demam tinggi, sakit kepala parah, lemas, mual dan muntah, ruam pada kulit, mimisan, hingga nyeri otot. Gejala ini hampir mirip dengan Covid-19.

Penyakit ini harus mendapatkan penanganan yang tepat, karena jika tidak, bisa menyebabkan pendarahan berat, syok, hingga kematian. Untuk mencegah penyakit DBD muncul, terapkan 3M Plus, yaitu menguras dan menutup tempat penampunyan air serta mendaur ulang barang bekas.

5. Chikungunya

Sama seperti DBD, Chikungunya juga disebabkan oleh gigitan nyamuk. Gejala yang dialami pun hampir serupa, yaitu demam, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, mual, lemas, serta ruam pada kulit. Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak, balita, dan lansia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)