7 Penyakit yang Sering Muncul di Musim Pancaroba, Cirinya Mirip Covid-19

Jum'at, 04 November 2022 - 22:32 WIB
loading...
A A A
Angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini memang jarang, namun jika terlalu parah, penderitanya bisa mengalami kelumpuhan. Cara pencegahannya sama dengan DBD, yaitu dengan 3M.

6. Asma Sering Kambuh

Bagi penderita asma, musim pancaroba merupakan ancaman karena suhu rendah dan udara yang dingin dapat menyebabkan peradangan. Alhasil, di musim ini, penyakit asma akan lebih sering kambuh. Apalagi jika penderita asma sering melakukan aktivitas berat atau berolahraga di luar ruangan. Pertukaran udara yang cepat kala beraktivitas akan menyebabkan inflamasi.

7. Alergi

Perubahan suhu yang ekstrem saat musim pancaroba bisa menyebabkan terjadinya alergi atau alergi kambuh. Alergi yang biasanya terjadi saat musim pancaroba adalah alergi pada cuaca, entah alergi panas ataupun alergi dingin.

Gejala yang biasanya timbul adalah flu, batuk pilek, hingga ruam-ruam merah pada kulit. Langkah untuk mengantisipasinya, Anda bisa menggunakan baju hangat dan masker. Jika sudah terpapar, segera minum vitamin dan obat yang dianjurkan dokter. MG/Sekar Rahmadiana Ihsan
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)