4 Penyebab Mimpi Buruk saat Tidur, Nomor 3 Sering Disepelekan

Selasa, 08 November 2022 - 08:30 WIB
loading...
4 Penyebab Mimpi Buruk saat Tidur, Nomor 3 Sering Disepelekan
Ada beberapa penyebab mimpi buruk saat tidur, diantaranya trauma hingga insomnia. Foto/Ilustrasi/pexels
A A A
JAKARTA - Pernahkan kamu mengalami mimpi buruk yang menakutkan saat tidur? Bahkan ketika terbangun mengalami ketakutan dan kekhawatiran? Hal itu bisa terjadi baik pada orang dewasa ataupun anak-anak.

Untuk anak-anak usia 3 sampai 6 tahun, mungkin sering mengalami mimpi buruk, dan cenderung berkurang pada saat mereka mencapai usia 10 tahun. Namun, sejumlah orang dewasa bahkan sering mengalami mimpi buruk sepanjang hidup mereka.

Secara medis, Dokter menyebut kondisi mimpi buruk sebagai parasomnia, sejenis gangguan tidur yang terdiri dari pengalaman tidak menyenangkan yang terjadi saat kamu tidur atau bangun.

Mengenai soal mimpi buruk saat tidur, rupanya ada beberapa penyebabnya. Seperti yang dikutip dari ndtv, berikut ini 4 penyebab seseorang sering mengalami mimpi buruk saat tidur.



1. Trauma

Setelah kecelakaan, cedera, pelecehan seksual dan fisik atau insiden traumatis lainnya, mimpi buruk sering terjadi. Khususnya bagi orang yang menderita gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Trauma sendiri bisa dipicu oleh stres pada fisik dan mental.

2. Gangguan Suasana Hati

Kekhawatiran mungkin terjadi pada kehidupan sehari-hari, seperti konflik di tempat kerja, sekolah atau rumah. Hal itu bisa memicu terjadinya mimpi buruk.

Selanjutnya, hal yang sama juga bisa tejradi saat ada perubahan yang signifikan, seperti kehilangan orang yang dicintai. Mimpi buruk bisa terjadi saat kecemasan dan keputusasaan hadir. Pada orang dewasa, biasanya dipengaruhi oleh berbagai pemicu psikologis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2989 seconds (0.1#10.140)