Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Psikologis Anak sejak Dini

Selasa, 08 November 2022 - 14:01 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, spesialis gizi, dr. Linda Artanti mengingatkan pentingnya menyesuaikan asupan sesuai kelompok usia.

"Sebagai contoh, dalam kondisi yang normal, memberi asupan lemak dan santan justru dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan kalorinya di masa pertumbuhan Anak. Sebab di bawah usia 10 tahun itu sangat jarang anak alami kondisi kolesterol tinggi," kata dr. Linda dalam seminar dengan topik Penerapan Pola Asuh Dan Gizi yang Tepat Sesuai Usia.

Rahajeng Ikawahyu menambahkan bahwa selain aspek gizi, penting juga untuk menerapkan Mindful Parenting, membangun kepercayaan, dan menyesuaikan pola asuhan dengan mengikuti perkembangan Anak di setiap kelompok usia.

Ika menjelaskan bahwa setiap anak yang dilahirkan selalu terikat dua aspek yang membentuknya, yakni nature atau faktor genetik, serta nurture atau faktor lingkungan.

Baca juga: Kemenkes Prediksi Puncak Gelombang Covid-19 Varian XBB Terjadi Akhir Tahun

"Penelitian menunjukkan bahwa selain kondisi fisik, hormon stres juga akan diturunkan secara genetik kepada anak. Jadi kalau orang tuanya punya gangguan kecemasan, depresi, atau stres, anak yang dilahirkannya juga akan mewarisinya. Di sinilah faktor lingkungan yang baik akan berperan penting untuk membentuk dan memperbaiki kondisi anak," paparnya.

Sementara itu, sebelum seminar berlangsung, event gratis yang didukung Syailendra dan Juara ini dibuka dengan kegiatan bakti sosial khitanan, yang turut dihadiri Ratu Munawaroh, Mantan Ketua TPP PKK Provinsi Jambi beserta ratusan pasangan dan orang tua sebagai peserta.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)