5 Tren Hobi dan Kebiasaan di Era New Normal

Rabu, 08 Juli 2020 - 09:28 WIB
loading...
5 Tren Hobi dan Kebiasaan di Era New Normal
Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden, dan menanam dalam pot memungkinkan untuk melakukan aktivitas berkebun di lahan apapun. Foto Ilustrasi/Pinterest
A A A
JAKARTA - Seiring penerapan tatanan new normal, masyarakat Indonesia harus menyesuaikan gaya hidup dan rutinitas sehari-hari dengan tetap menerapkan physical distancing sebagaimana yang dianjurkan. Kebiasaan baru pun muncul.

Berdasarkan tren pembelian konsumen di situs belanja Lazada selama masa karantina mandiri, terangkum lima hobi atau aktivitas yang banyak dilakukan di rumah dan akan menjadi tren di era new normal. ( )

Mengutip informasi dari Lazada , berikut lima tren hobi dan kebiasaan baru di era new normal.

1. Berkebun
Di awal masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), salah satu yang menjadi kendala adalah akses bagi bahan makanan segar. Banyak orang mulai menyiasati kondisi ini dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah dan akhirnya menjadi salah satu hobi yang paling diminati oleh masyarakat.

Tanaman bumbu, sayur-mayur, dan buah merupakan tanaman yang banyak dicari untuk pemenuhan kebutuhan pangan sekaligus menghias rumah.

Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden, dan menanam dalam pot memungkinkan untuk melakukan aktivitas berkebun di lahan apapun. Seperti pekarangan rumah, pagar, dinding rumah, bahkan di dalam ruang. Walaupun ada imbauan untuk di rumah saja, Anda tetap bisa menikmati keindahan alam dengan berkebun.

2. Mendekorasi Rumah
Selain berkebun, Anda juga bisa mempercantik rumah dengan mendekorasi atau menata ulang furnitur dan bahkan mengecat dinding dengan warna-warna baru. Dalam masa new normal, sebagian mungkin akan tetap berada di rumah. Banyak konsumen yang mengambil kesempatan untuk mendapatkan suasana baru di rumah dengan harga yang lebih terjangkau dan membuat rumah lebih nyaman, baik untuk belajar, bekerja, maupun bercengkrama bersama keluarga.

3. Memasak
Salah satu perubahan perilaku yang terjadi adalah bagaimana masyarakat mulai kembali ke masakan rumah. Segala tips, trik, dan resep memasak sudah siap sedia melalui akses di smartphone.

Hal itu dapat dilihat dari adanya peningkatan di beberapa kategori belanja di Lazada seperti Large Appliances yang meningkat 22%, Small Appliances 46%, dan Kitchen and Dining 28%. Data tersebut menunjukkan bahwa semakin banyak konsumen yang memilih untuk memasak di rumah.

4. Olahraga di Rumah
Tinggal di rumah selama PSBB bukan berarti melupakan kebugaran tubuh. Menjaga kesehatan badan merupakan salah satu prioritas tertinggi selama masa pandemi. ( )

Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap bisa berolahraga secara maksimal. Peralatan olahraga seperti barbel, resistance bands, dan yoga mat adalah beberapa peralatan populer serta banyak dicari dan dibeli.

5. Gaming
Absennya kegiatan ngemall dan hangout di coffee shop membuat banyak konsumen beralih ke gaming sebagai hiburan utama untuk menghalau kebosanan. Bahkan tidak sedikit yang mulai melihat gaming sebagai salah satu hobi dan mungkin bisa menjadi profesi di masa depan.

Hal ini didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang merekomendasikan bermain game untuk menjaga kondisi mental dan mengusir kebosanan selama melakukan aktivitas di masa pandemi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)