Manfaat dan Kandungan Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Sabtu, 12 November 2022 - 13:00 WIB
loading...
Manfaat dan Kandungan Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi
Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan di dalamnya bisa mengatasi macam masalah kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol tinggi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan di dalamnya terbukti bisa mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.

Daun kelor telah digunakan sejak berabad-abad untuk pengobatan tradisional baik dari daun, bunga, biji hingga akar tanamannya. Ini karena daun kelor memiliki banyak vitamin dan mineral penting.

Daunnya memiliki vitamin C 7 kali lebih banyak daripada jeruk dan 15 kali lebih banyak potasium daripada pisang. Daun kelor juga memiliki kalsium, protein, zat besi, dan asam amino, yang membantu tubuh menyembuhkan dan membangun otot.

Daun kelor juga dikemas dengan antioksidan, zat yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan. Berikut daftar manfaat daun kelor untuk kesehatan seperti dilansir dari Healthline, Sabtu (12/11/2022).



1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati yang efektif menurunkan kolesterol. Ini termasuk biji rami, gandum dan almond.

Kedua penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor memiliki efek penurun kolesterol yang serupa.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini adalah mekanisme perlindungan yang penting tetapi dapat menjadi masalah kesehatan utama jika berlanjut dalam jangka waktu yang lama.

Faktanya, peradangan yang berkelanjutan terkait dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanates adalah senyawa anti-inflamasi utama dalam daun, polong dan biji kelor yang bisa mengurangi peradangan.



3. Menurunkan Gula Darah


Gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius. Seiring waktu, kadar gula darah tinggi meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Untuk alasan ini, penting menjaga gula darah dalam batas yang sehat.

Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan. Hanya sedikit studi berbasis manusia yang ada, dan umumnya berkualitas rendah.

4. Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh. Tingkat radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Beberapa senyawa tumbuhan antioksidan telah ditemukan pada daun kelor. Selain vitamin C dan beta-karoten, ini termasuk quercetin dan asam klorogenik. Satu studi pada wanita menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan darah.



5. Bergizi


Daun kelor merupakan sumber yang sangat baik dari banyak vitamin dan mineral. Satu cangkir daun segar cincang mengandung protein, vitamin B6, vitamin C, besi, riboflavin (B2), vitamin A (dari beta-karoten), dan magnesium. Di negara-negara Barat, daun kelor kering dijual sebagai suplemen makanan, baik dalam bentuk bubuk maupun kapsul.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2382 seconds (0.1#10.140)