Beragam Manfaat Makanan Pedas buat Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Risiko Kolesterol

Minggu, 13 November 2022 - 05:06 WIB
loading...
Beragam Manfaat Makanan Pedas buat Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Risiko Kolesterol
Ternyata, sifat pedas yang disebabkan kandungan zat capsaicin yang ada di dalam cabai ini tak selalu menjadi hal buruk bagi kesehatan. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Makanan dengan citarasa pedas menjadi favorit kebanyakan masyarakat Indonesia. Bahkan, hampir di setiap daerah di nusantara memiliki berbagai macam sambal yang khas.

Ternyata, sifat pedas yang disebabkan kandungan zat capsaicin yang ada di dalam cabai ini tak selalu menjadi hal buruk bagi kesehatan.

Apabila makanan pedas atau cabai dikonsumsi dengan disesuaikan kemampuan tubuh, maka akan memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh. Dan berikut ini 5 manfaat makanan pedas seperti dikutip laman kesehatan Cleveland Clinic.

Baca juga: 6 Makanan Kaya Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas selama Musim Hujan, Nomor 3 Sering Dipakai Masak

1. Tingkatkan Metabolisme Anda

Sebagian besar penelitian tentang makanan pedas berfokus pada capsaicin, senyawa yang membuat cabai pedas. Beberapa penelitian menemukan bahwa capsaicin meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak dan membakar lebih banyak energi.

Dengan meningkatkan mekanisme pembakaran lemak tubuh, maka itu bisa membantu menurunkan berat badan dan manajemen berat badan.

2. Kendalikan Nafsu Makan Anda

Cabai dan rempah-rempah lainnya juga dapat memengaruhi rasa lapar Anda. Ada beberapa penelitian bahwa capsaicin bekerja pada hipotalamus –bagian otak yang mengontrol rasa lapar dan kenyang. Jadi Anda mungkin merasa kenyang lebih cepat jika menambahkan sedikit panas ke dalam makanan Anda.

Orang yang mengonsumsi banyak makanan pedas cenderung makan lebih sedikit secara keseluruhan sepanjang hari.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2151 seconds (10.55#12.26)