Perawatan Diabetes Menggunakan Insulin

Selasa, 23 Desember 2014 - 06:34 WIB
Perawatan Diabetes Menggunakan Insulin
Perawatan Diabetes Menggunakan Insulin
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang menghawatirkan dalam menggunakan insullin. Rumor yang beredar dari penggunaan insulin adalah hipoglikemia, penambahan berat badan, ketergantungan obat, kebutaan hingga gangguan fungsi ginjal. Namun faktanya, penanganan diabetes diobati menggunakan insulin.

Ahli penyakit dalam, dr.Dante S.Herbuwono, SpPD-KEMD,PhD mengatakan, banyak pasien diabetes yang terkendala saat pengobatan karena tidak mau menggunakan insulin.

"Hambatan dalam penanganan diabetes adalah isu-isu yang menyebar sehingga orang ketakutan menggunakan insulin. Lagipula insulin saat ini lebih berkembang dan sudah ada yang tanpa jarum sehingga efektif," papar Dante, saat ditemui di Jakarta.

Lebih lanjut dia menambahkan, suntikan insulin diperlukan oleh pasien diabetes. "Pasien diabetes memerlukan suntikan insulin untuk menstabilkan kadar gula darah. Jika ini tidak dilakukan, maka penderita diabetes berisiko mengalami komplikasi yang menyebabkan penyakit jantung, stroke hingga gagal ginjal," pungkas dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5197 seconds (0.1#10.140)