AC Hemat Listrik, Plus Bisa Diakses Lewat Smartphone

Senin, 14 November 2022 - 16:31 WIB
loading...
AC Hemat Listrik, Plus Bisa Diakses Lewat Smartphone
Smart Neuva Pro, AC yang hemat listrik dan bisa diakses lewat smartphone. Foto: Doc. Polytron
A A A
Pendingin ruangan atau air conditioner (AC) sudah tak asing lagi digunakan oleh masyarakat Indonesia. Negara tropis tentu sangat membutuhkan AC sebagai penyejuk ruangan dan menghadirkan rasa nyaman di rumah.

Namun, AC seringkali memakan daya listrik, sehingga tagihan listrik di rumah membengkak. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih AC yang tepat. Karena membuat ruangan sejuk saja tak cukup tanpa memperhitungkan kualitas AC sesuai kebutuhan Anda dan pastinya hemat listrik.

Berikut cara memilih AC yang tepat dan berkualitas sesuai kebutuhan Anda, simak yuk:

1. Sesuaikan PK AC dengan Besarnya Ruangan
Memilih AC yang tepat diawali dengan menentukan PK yang tepat sesuai besarnya ruangan di rumah Anda. Jika ruangan Anda berukuran sekitar 10 meter persegi, Anda bisa gunakan AC ½ PK.

Tentunya akan sangat membuang energi lebih banyak, jika Anda memilih PK AC yang lebih besar dari ukuran ruangan. Ukuran PK AC yang bisa Anda pilih mulai dari ½ , ¾, 1, 1 ½, dan 2 PK.

2. Pilih Tipe AC yang Dibutuhkan
Berdasarkan tipenya, AC dibagi menjadi dua, yaitu inverter dan non-inverter. Tipe AC inverter banyak memakan daya listrik saat baru dinyalakan, namun lambat laun daya akan turun jika ruangan mulai dingin.

Nah, Anda bisa mempertimbangkan tipe inverter untuk penggunaan AC dalam waktu yang lama, karena tentu saja akan menghemat penggunaan listrik.

3. Kenali Fitur yang Tersedia
Untuk memilih AC yang berkualitas Anda harus teliti memahami fitur yang tersedia. Kini semakin banyak teknologi canggih yang memudahkan hidup Anda sehingga makin nyaman di rumah.

4. Pilih AC yang Hemat Listrik
Memilih AC memang tak bisa sembarangan, karena akan berpengaruh pada urusan anggaran belanja di masa yang akan datang. Jika Anda membeli AC dengan harga tinggi namun memakan daya yang tinggi akan sia-sia. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi tagihan listrik yang akan membengkak, sehingga anggaran belanja juga akan besar.

5. Teliti Perhatikan Garansi AC
Saat Anda akan membeli AC baru tentu jangan lupa perhatikan dengan teliti garansi AC. Apa saja yang dilindungi oleh merek AC tersebut. Biasanya tercantum berapa lama waktu garansi dan bagian yang dilindungi, seperti suku cadang atau mencakup pelayanan teknisi dan sebagainya. Setiap merek akan memberikan ketentuan garansi yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda perlu teliti perihal garansi ini ya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2307 seconds (0.1#10.140)