Sulit Tidur? Wajib Coba Cara Ini Agar Tidur Lelap Tanpa Gangguan

Rabu, 29 Juni 2022 - 09:00 WIB
loading...
Sulit Tidur? Wajib Coba Cara Ini Agar Tidur Lelap Tanpa Gangguan
Foto : Polytron AC Smart Neuva Pro
A A A
JAKARTA - Tidur merupakan proses penting yang dapat menjaga tubuh kita agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Tentu sebagian orang pernah mengalami sulit tidur pada malam hari. Bagi sebagian orang yang pernah mengalami sulit tidur, tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Begitu bangun dari tempat tidur, badan akan terasa pegal-pegal, sedikit demam, dan kepala pusing.

Tak cuma bikin kurang nyaman, kebiasaan sulit tidur pada malam hari juga dapat mengganggu kesehatan. Gangguan tidur dalam jangka panjang berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe 2, obesitas, depresi, dan lainnya.

Mengalami insomnia atau sulit tidur memang sangat mengganggu. Ada banyak alasan mengapa seseorang sulit untuk tidur lelap dan tanpa gangguan sepanjang malam. Bisa saja gangguan sulit tidur disebabkan karena sedang stres.

Lantas, bagaimana cara mengatasi sulit tidur? Kamu bisa mencoba cara berikut ini agar tidur lelap tanpa gangguan:

1. Latihan pernapasan
Kamu bisa mencoba teknik relaksasi, agar tubuh dan pikiran lebih santai. Cobalah latihan pernapasan, dimulai dengan tarik napas melalui hidung dalam hitungan 1-4. Tahan napas selama tujuh hitungan, lalu hembuskan melalui mulut pada hitungan kedelapan, dan ulangi sebanyak tiga kali.

2.Batasi penggunaan gadget

Cara mengatasi sulit tidur adalah jangan melakukan aktivitas yang akan membuat kamu semakin terjaga. Seperti membuka layar handphone, menonton TV, atau bermain game di tablet. Ingat, blue light yang dipancarkan layar gadget akan semakin membuat kamu terjaga dan sulit tidur.

3.Batasi waktu tidur siang hari
Tidur siang memang tidak dilarang. Namun, kamu perlu memperhatikan durasi serta waktunya. Tidur siang yang terlalu lama dan terlalu mepet ke jam tidur malam bisa membuat kamu susah tidur. Sebaiknya, batasi waktu untuk tidur di siang hari selama 30 menit saja dan lakukan itu sebelum pukul 3 sore.

4.Batasi konsumsi kafein
Kafein bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam. Jadi, perlu mengurangi konsumsinya. Kafein tidak hanya terdapat pada kopi, tapi juga teh, minuman bersoda, dan minuman penambah energi. Sebagai pengganti, kamu bisa minum susu hangat sebagai salah satu cara mengatasi susah tidur yang efektif.

5.Berolahraga secara teratur
Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur seperti berenang dan jalan kaki bisa mengurangi tekanan yang menumpuk akibat pekerjaan maupun masalah lain yang sedang dialami. Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih cepat tertidur.


Sulit Tidur? Wajib Coba Cara Ini Agar Tidur Lelap Tanpa Gangguan

Foto : Polytron AC Smart Neuva Pro

6.Suhu kamar tidur
Suhu kamar tidur dapat mempengaruhi kemampuan kita untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Hal ini dijelaskan Dr. Christopher Winter, Direktur Medis di Charlottesville Neurology & Sleep Medicine, dalam Huffington Post. Kebanyakan orang tidak memikirkan pentingnya mengatur suhu kamar tidur di malam hari, padahal itu bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tidur lebih nyenyak. Winter mengatakan, temperatur kamar sebaiknya berada pada kisaran 18-20 derajat celcius untuk mendapatkan tidur terbaik. Suhu di atas 22 derajat celcius atau di bawah 15 derajat celcius, umumnya lebih berisiko menyebabkan kegelisahan tidur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)