Tewaskan Ratusan Anak, Kasus Gangguan Ginjal Akut Paksa BPOM Lakukan Transformasi

Kamis, 17 November 2022 - 17:46 WIB
loading...
Tewaskan Ratusan Anak, Kasus Gangguan Ginjal Akut Paksa BPOM Lakukan Transformasi
Agar kasus gangguan ginjal akut tidak terulang lagi, Penny Lukito juga meminta dukungan masyarakat sebagai konsumen obat supaya tidak sembarang membeli obat. / Foto: dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan mendata ada 199 kematian pada kasus gangguan ginjal akut akibat obat sirup mengandung etilen glikol dan dietilen glikol. Data tersebut update per 16 November 2022.

Ketua Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K. Lukito mengatakan bahwa kematian para korban itu harus berarti dan dijadikan pelajaran berharga bagi semuanya.

Menurutnya, setiap nyawa yang hilang, tidak boleh hilang dengan kesia-siaan, melainkan menjadi kebaikan untuk kita semua. "Ada hikmah di balik semua ini. Kematian para korban tidak boleh sia-sia. Kepergian mereka harus berarti," kata Penny saat konferensi pers virtual, Kamis (17/11/2022).

Baca juga: EG dan DEG Sebabkan Gagal Ginjal Akut, BPOM Ungkap Indikasi Adanya Kejahatan Obat

Proses hukum akan terus berjalan untuk memberi efek jera pada oknum yang melakukan kejahatan obat ini. Lebih lanjut, Penny menilai, dari kejadian gangguan ginjal akut akibat cemaran atau kandungan EG dan DEG yang ada di obat sirup ini bisa menjadi langkah awal transformasi BPOM ke arah yang lebih baik.

"Tragedi ini membuka mata kami untuk harus melakukan transformasi, karena banyak gap yang kemudian dimanfaatkan oleh para penjahat dan berdampak pada keselamatan nyawa manusia," kata dia.



Penny menambahkan, dari tragedi ini juga BPOM berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan masalah yang ada, mengidentifikasi sebab masalah, dan memastikan sebab tersebut dicarikan solusinya.

"Kami akan perkuat lagi tupoksi kami sebagai regulator yang menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat. Kami memerlukan sumber daya yang lebih besar untuk bisa memastikan obat yang dikonsumsi aman dan bermanfaat," papar Penny.

Baca juga: 4 Minuman Pantangan untuk Penderita Asam Lambung Akut

Agar kasus seperti ini tidak terulang lagi, Penny juga meminta dukungan masyarakat sebagai konsumen obat agar tidak sembarang membeli obat. "Hati-hati jika membeli obat di online, karena setelah kami umumkan daftar obat terlarang saja, masih ada transaksi yang terciduk," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)