5 Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Urat, Nomor 2 Sering Dipakai Masak

Jum'at, 18 November 2022 - 07:10 WIB
loading...
5 Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Urat, Nomor 2 Sering Dipakai Masak
Obat herbal untuk mengatasi asam urat sangat beragam. Bahkan salah satunya sering dipakai masak berbagai macam menu setiap hari dan bisa ditemukan dengan mudah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Obat herbal untuk mengatasi asam urat sangat beragam. Bahkan salah satunya sering dipakai masak berbagai macam menu setiap hari dan yang lainnya bisa ditemukan dengan mudah.

Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit mirip dengan osteoartritis, meskipun ada beberapa perbedaan yang berbeda. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah.

Asam urat kemudian menumpuk di persendian, menyebabkan peradangan dengan ketidaknyamanan dan rasa sakit. Beberapa solusi alami dapat membantu.

Namun, jika nyeri asam urat Anda sangat tiba-tiba atau intens, hubungi dokter sebelum mencoba salah satu solusi di bawah ini. Berikut daftar obat herbal untuk mengatasi asam urat seperti dilansir dari Health Line, Jumat (18/11/2022).



1. Ceri atau Jus Ceri


Studi yang dirilis pada 2012 menemukan bahwa ceri dapat membantu mencegah asam urat. Penelitian ini merekomendasikan mengonsumsi tiga porsi bentuk ceri apapun selama periode dua hari yang dianggap efektif.

2. Jahe

Sebuah studi menemukan jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat. Studi lain menunjukkan bahwa pada subjek dengan kadar asam urat tinggi atau hiperurisemia, kadar asam urat mereka berkurang dengan jahe. Tetapi subjeknya adalah tikus, dan jahe dikonsumsi secara internal, bukan secara topikal.

Buat kompres atau pasta jahe dengan air mendidih dengan 1 sendok makan jahe segar parut. Rendam waslap dalam campuran. Setelah dingin, tempelkan waslap ke area yang terasa sakit setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Iritasi kulit mungkin terjadi, jadi sebaiknya lakukan tes pada sebagian kecil kulit terlebih dahulu.

Cara lainnya adalah ambil jahe secara internal dengan air mendidih dan seduh 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Nikmati 3 cangkir per hari. Beri tahu dokter terlebih dahulu sebelum Anda mengonsumsi jahe dalam jumlah besar.



3. Kembang Sepatu


Kembang sepatu adalah tanaman yang telah lama dijadikan obat herbal tradisional. Satu penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus. Mengonsumsi suplemen, teh atau ekstrak kembang sepatu, sebaiknya sesuai dengan petunjuk label.

4. Seledri

Ekstrak dan biji seledri telah menjadi pengobatan rumahan yang populer untuk mengatasi asam urat. Sayuran ini dapat mengurangi peradangan. Jumlah seledri yang cukup untuk mengobati asam urat tidak didokumentasikan dalam penelitian.

Cobalah makan seledri berkali-kali sehari, terutama batang seledri mentah, jus, ekstrak, atau bijinya. Jika membeli ekstrak atau suplemen seledri, ikuti petunjuk label dengan cermat.



5. Apel


Buah ini direkomendasikan sebagai bagian dari diet pengurangan asam urat. Ini karena apel mengandung asam malat yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah. Makan satu apel per hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, manfaat ini hanya bisa dirasakan jika tidak menambah konsumsi gula harian yang berlebihan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2897 seconds (0.1#10.140)