Tingkatkan Layanan Kesehatan Digital, Kota Semarang Gandeng Grab dan Good Doctor

Jum'at, 18 November 2022 - 17:10 WIB
loading...
Tingkatkan Layanan Kesehatan Digital, Kota Semarang Gandeng Grab dan Good Doctor
Pemerintah Kota Semarang menyadari bahwa pemanfaatan digitalisasi di bidang kesehatan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan memenuhi kebutuhan. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota Semarang menyadari bahwa pemanfaatan digitalisasi di bidang kesehatan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan memenuhi kebutuhan mereka akan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Pemerintah Kota Semarang terus berupaya meningkatkan kualitas kesehatan warganya dengan membuka kesempatan bekerja sama dengan pihak swasta untuk menyediakan layanan kesehatan yang cerdas seperti telemedicine bagi masyarakat Kota Semarang.

“Kami sangat mengapresiasi inisiasi yang dilakukan Good Doctor dan Grab untuk membantu program kerja Pemerintah Kota Semarang dalam bidang kesehatan. Dengan pengalaman Good Doctor dan Grab dalam memberikan layanan telemedicine kepada masyarakat, kami yakin kerja sama ini akan mempermudah warga Kota Semarang memperoleh layanan kesehatan yang berkualitas," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Mochamad Abdul Hakam.

"Kerja sama ini merupakan upaya Pemerintah Kota Semarang untuk menambah layanan kesehatan bagi warganya selain layanan BPJS Kesehatan yang sudah ada sekaligus membuktikan komitmen kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi warga Kota Semarang," sambungnya.

Selama ini, Dinas Kesehatan Kota Semarang telah menyediakan layanan konsultasi dokter (Konter) untuk masyarakat melalui 10 saluran WhatsApp. Kemitraan Dinas Kesehatan Kota Semarang, Good Doctor, dan Grab yang didukung oleh 37 puskesmas ini akan memperkuat dan memperluas jangkauan pelayanan kesehatan yang sudah ada. Dengan akses yang lebih luas melalui aplikasi GrabHealth dan Good Doctor, seluruh masyarakat Kota Semarang dapat memperoleh layanan kesehatan setiap saat di mana pun mereka berada dengan cepat.

“Kami bangga dapat mendukung Pemerintah Kota Semarang yang selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh warganya sehingga seluruh masyarakat di kota ini dapat hidup sehat. Kami sangat menghargai kepercayaan yang diberikan Pemerintah Kota Semarang dengan memastikan kualitas dan keamanan layanan yang kami berikan, baik dari sisi dokter yang melayani telekonsultasi maupun keamanan platform dan data pengguna," jelas Head of Medical PT Good Doctor Technology Indonesia dr. Adhiatma Gunawan.

"Hal ini sejalan dengan komitmen kami untuk selalu memastikan standar medis tertinggi dalam operasi kami dan sertifikasi ISO 27001 yang diakui secara internasional yang telah kami peroleh," lanjutnya.

Baca Juga: 5 Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Urat, Nomor 2 Sering Dipakai Masak

Sebagai penyedia telemedicine pertama yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang untuk memfasilitasi pelayanan kesehatan berbasis teknologi digital, PT Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) telah membuat perjanjian kerja sama dengan Grab dan Pemerintah Kota Semarang. Perjanjian kerja sama antara Good Doctor, Grab, dan Pemerintah Kota Semarang tentang pemanfaatan aplikasi Good Doctor dan Grab dalam layanan kesehatan berbasis teknologi digital di Kota Semarang telah ditandatangani oleh ketiga pihak.

“Kami akan melakukan pengantaran obat setelah pasien melakukan telekonsultasi melalui aplikasi GrabHealth. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan akses layanan kesehatan digital di Semarang dalam memperoleh layanan kesehatan," papar Director of West Indonesia, Grab Indonesia Richard Aditya.

Sebelum terdaftar di aplikasi Good Doctor dan GrabHealth powered by Good Doctor, para dokter dan apoteker yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang akan diverifikasi terlebih dulu oleh Good Doctor. Para dokter itu merupakan dokter-dokter puskesmas di Kota Semarang yang memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter yang telah dilegalisir dan masih berlaku serta Surat Izin Praktik (SIP) Dokter yang masih berlaku.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1364 seconds (11.210#12.26)