Sandiaga Sampaikan Capaian Program Strategis 2022 Kemenparekraf dalam Raker dengan Komisi X DPR

Rabu, 23 November 2022 - 14:57 WIB
loading...
Sandiaga Sampaikan Capaian Program Strategis 2022 Kemenparekraf dalam Raker dengan Komisi X DPR
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan program strategis 2022 Kemenparekraf dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR hari ini, Rabu (23/11/2022). Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan program strategis 2022 Kementerian Pariwisata (Kemenparekraf) dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi X DPR hari ini, Rabu (23/11/2022).

Pencapaian ini terkait dengan kinerja yang telah dijalankan oleh Kemenparekraf. Pada raker kali ini, Sandiaga optimis pihaknya bisa mencapai target yang maksimal di sisa beberapa bulan ke depan.

"Hasil dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif positif dan kami juga optimis di sisa beberapa bulan ke depan ini, kami bisa mencapai target yang maksimal," kata Sandiaga di Komisi X DPR RI, Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Sandiaga menjelaskan, hal tersebut sesuai dengan realisasi anggaran program yang telah dilaksanakan Kemenparekraf menjelang akhir 2022. Menurutnya, dukungan manajemen yang telah dicapai adalah hampir 80 persen.

Baca Juga: 3 Hal yang Disampaikan Kemenparekraf dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI

"Juga kepariwisataan dan ekonomi kreatif, dan pelatihan vokasi," ujar Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga memaparkan sejumlah isu yang mana telah disosialisasikan dalam program kinerja Kemenparekraf. Berikut di antaranya.

1. Blokir automatic adjustment (AA)
2. Pelaksanaan kegiatan masih terkendala pandemi
3. Jadwal pembayaran kegiatan bersumber dari pinjaman luar negeri pada bulan Desember 2022
4. Perubahan jadwal pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan di akhir tahun
5. Adanya beberapa pekerja seperti event pameran luar negeri, publikasi, perjalanan wisata pengenalan selesai di akhir tahun

Sandiaga menyebut terkait dengan automatic adjustment, bahwa Kementerian Keuangan telah menyatakan sudah dikeluarkan sehingga tidak ada lagi menjadi pertimbangan. Automatic adjustment merupakan kebijakan pemerintah untuk antisipatif APBN dalam menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, daya beli masyarakat, dan kesehatan.

Baca Juga: Kemenparekraf Implementasikan Arahan Presiden, 100 Paket Beli Kreatif Desa Wisata Diluncurkan Lewat Platform Mister Aladin

"Dan oleh karena itu, penyerapan anggaran kita targetkan akan selesai di akhir tahun," jelas Sandiaga.

Pada rapat kerja kali ini, Kemenparekraf juga membahas mengenai evaluasi program kerja tahun 2022, isu pembentukan pokja dan tim teknis tindak lanjut PP nomor 24 tahun 2022, dan hasil pertemuan G20 bidang pariwisata.

Sementara itu, Sandiaga menghadiri rapat kerja dengan didampingi oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo serta sejumlah tim atau staf dari Kemenparekraf.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2311 seconds (10.101#12.26)