6 Kondisi Lingkungan yang Bisa Picu Kanker

Selasa, 13 Januari 2015 - 14:02 WIB
6 Kondisi Lingkungan yang Bisa Picu Kanker
6 Kondisi Lingkungan yang Bisa Picu Kanker
A A A
JAKARTA - Makanan atau gaya hidup memang bisa menjadi penyebab kanker. Tapi, ternyata, faktor lingkungan pun bisa memicu timbulnya penyakit mematikan ini di dalam tubuh.

Lingkungan yang tidak sehat baik di sekitar rumah atau pun tempat kerja memang mengganggu kesehatan. Risiko penyakit berbahaya pun timbul dari kondisi ini, termasuk kanker. Mengutip HealthMeUp, setidaknya ada 6 kondisi lingkungan buruk yang dapat memicu kanker.

1. Asap Rokok

Asap rokok dapat menimbulkan pencemaran udara dan berbahaya kesehatan pada manusia. Asap rokok yang mengandung zat karsinogen memiliki berbagai potensi penyebab kanker. Karsinogen ini termasuk bahan kimia hadir yang sering dijumpai di rumah dan tempat kerja serta di tempat umum. Faktor-faktor seperti sering menghirup asap rokok dapat mempengaruhi kemungkinan seseorang terkena kanker.

2. Radiasi Nuklir
Meskipun tidak semua bentuk radiasi berbahaya, namun ada beberapa jenis radiasi yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Radiasi pengion sangat berbahaya bagi kesehatan dan buruk untuk lingkungan. Radiasi tersebut biasa dikenal dengan radiasi atom atau radiasi nuklir, yang memiliki kemampuan merusak DNA dan menyebabkan kanker.

3. Asap Knalpot
Asap knalpot kendaraan mengandung zat karsinogen yang berbahaya pada dan penyumbang utama polusi udara serta dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Asap ini biasanya dikeluarkan truk, bus, kereta api, generator, kapal dan kendaraan lain yang bermesin diesel. Orang-orang yang menghirup asap diesel rentan terkena kanker.

4. Gas Radioaktif
Gas radioaktif berwarna dan tidak berbau ini banyak ditemukan di dalam tanah dan batuan. Radon dapat menyebabkan kanker paru paru, dan bertanggung jawab atas 20.000 kematian di Uni Eropa setiap tahunnya. Tingginya kadar radon telah dikaitkan dengan kanker paru-paru, tapi ini biasanya terjadi hanya ketika radon mendapatkan akumulasi di daerah dan tidak mampu dihilangkan.

5. Zat Kimia Berbahaya di dalam Rumah
Zat Kimia yang ditemukan di gedung-gedung tua, membawa risiko kanker paru-paru dan perut. Bahan Kimia yang digunakan dalam dry cleaning seperti tetrachloroethylene juga bisa memicu beberapa jenis kanker. Ada baiknya menjemur pakaian yang telah di-dry cleaning di luar rumah, supaya zat berbahaya pada pengeringan di mesin cuci bisa dihilangkan dengan panasnya matahari.

6. Produk Kecantikan
Ini mungkin menjadi bagian dari gaya hidup sebagian orang, tapi sayangnya deodorant, bedak, pewarna rambut, dan kosmetik serta produk makanan yang mengandung aspartame dan pewarna berpotensi menyebabkan kanker. Meskipun para peneliti masih mencoba menentukan tingkat zat berbahaya mereka, tapi orang-orang disarankan agar mengurangi produk kecantikan yang dipakai.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3483 seconds (0.1#10.140)