Ini 5 Sayuran yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Rabu, 23 November 2022 - 22:21 WIB
loading...
A A A
Wortel merupakan makanan yang memiliki serat yang tinggi. Selain itu juga mengandung vitamin B6 yang diketahui mampu menetralkan asam lambung. Wortel memiliki efek alkali pada tubuh yang ramah bagi lambung karena dapat menyeimbangkan tingkat pH tubuh. Wortel dapat membantu mengurangi gejala refluks asam dan GERD.

4. Selada

Sayur yang biasanya disajikan dalam salad maupun sandwich ini mengandung banyak air, sehingga konsumsi selada bisa meredakan asam lambung naik. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air dapat mengencerkan dan melemahkan asam lambung. Serat dalam selada juga sangat baik bagi pencernaan terutama dalam mengatasi sembelit.

5. Brokoli

Brokoli juga baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Pasalnya, kandungan kalium yang tinggi di dalamnya bisa menetralkan asam. Selain tinggi kandungan kalium, brokoli juga mengandung folat yang tinggi.

Pada prinsipnya, pilihlah makanan yang tidak merangsang lambung. Beberapa jenis makanan yang merangsang lambung diantaranya yang mengandung lemak tinggi (goreng-gorengan dan santan), makanan pedas, dan asam.

Selain itu, konsumsilah sayuran sesuai dengan porsi yang dianjurkan. Menurut pedoman gizi seimbang, kita dianjurkan untuk mengonsumsi 3-4 porsi sayur dalam sehari. Kombinasikan pula sayuran dengan makanan pokok, lauk-pauk, dan buah-buahan agar memperoleh zat-zat gizi yang optimal sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Terapkan jadwal makan secara teratur setiap harinya dan hindari berbaring sesaat setelah makan.

Selain pengaturan makanan, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat meliputi tidur cukup, manajemen stres, dan rutin melakukan latihan fisik.

Baca juga: Potret NCT Dream Pakai Baju Hijau Neon di Bandara, Disebut Mirip Anak SD
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1707 seconds (10.101#12.26)