Ini Alasan Ilmiah Kenapa Pemain Sepakbola Sering Meludah ketika Bertanding

Sabtu, 26 November 2022 - 22:58 WIB
loading...
Ini Alasan Ilmiah Kenapa Pemain Sepakbola Sering Meludah ketika Bertanding
Di atas lapangan hijau, kita seringkali melihat para pemain yang kerap meludah, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal itu mereka lakukan. / Foto: The New York Times
A A A
JAKARTA - Sebagian besar perhatian dunia kini tertuju ke Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Dibuka sejak 20 November 2022, beragam aksi pesepakbola terbaik dunia tersaji di pentas empat tahunan tersebut.

Di atas lapangan hijau, kita seringkali melihat para pemain yang kerap meludah. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal itu mereka lakukan?

Sebagian penonton mungkin beranggapan bahwa kebiasaan meludah para pemain sepakbola di lapangan merupakan hal yang jorok. Namun, ternyata apa yang mereka lakukan tersebut memiliki penjelasan dari sisi medis.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Akun Media Sosial agar Tidak Mudah Bocor

Menurut beberapa penelitian, olahraga seperti sepakbola dapat meningkatkan jumlah protein yang dikeluarkan ke dalam air liur, terutama sejenis lendir yang disebut MUC5B. Hal inilah yang membuat air liur menjadi lebih kental dan sulit ditelan.

Konsultan senior Rumah Sakit Asia Faridabad, dr. Udit Kapoor kepada Indian Express, mengatakan bahwa air liur di mulut bisa mengental karena aktivitas fisik berat yang dilakukan, seperti dalam pertandingan sepakbola, sehingga para pemain memilih untuk meludahkannya.

"Ada jenis lendir khusus yang disebut MUC5B yang membuat air liur lebih kental dan karenanya lebih sulit untuk ditelan. Jadi, yang terbaik adalah meludahkannya," jelas dr. Udit Kapoor, seperti dikutip laman Times of India, Sabtu (26/11/2022).

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Pemain Sepakbola Sering Meludah ketika Bertanding

(Foto: NY Times)

Hal tersebut juga yang membuat pesepakbola, pemain kriket, dan pemain rugby diperbolehkan meludah di lapangan. Kendati demikian, hal tersebut tidak bisa dilakukan para atlet tenis dan bola basket yang memiliki aturan main tersendiri.

Meskipun tidak jelas mengapa seseorang menghasilkan lebih banyak MUC5B saat berolahraga, dikatakan bahwa itu bisa jadi karena mereka lebih banyak bernapas melalui mulut. Karena itulah yang membuat lendir bisa menghentikan mulut mengering.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2072 seconds (11.210#12.26)