10 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Senin, 28 November 2022 - 06:00 WIB
loading...
10 Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat
Cara mengontrol tekanan darah tinggi bisa dilakukan tanpa obat. Mengontrol tekanan darah dengan gaya hidup sehat dapat mencegah kebutuhan akan pengobatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara mengontrol tekanan darah tinggi bisa dilakukan tanpa obat . Gaya hidup memainkan peran penting dalam mengobati tekanan darah tinggi. Mengontrol tekanan darah dengan gaya hidup sehat dapat mencegah, menunda, atau mengurangi kebutuhan akan pengobatan.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi umum yang mempengaruhi arteri tubuh. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, kekuatan darah yang mendorong dinding arteri secara konsisten terlalu tinggi. Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Jika tidak diobati, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lainnya. Penting untuk memeriksakan tekanan darah setidaknya setiap dua tahun mulai dari usia 18 tahun. Beberapa orang membutuhkan pemeriksaan yang lebih sering.

Kebiasaan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, berolahraga, dan makan dengan baik dapat membantu mencegah dan mengobati tekanan darah tinggi. Berikut cara mengontrol tekanan darah tinggi tanpa obat seperti dilansir dari Mayo Clinic, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Ikan Jenis Ini Bisa Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

1. Turunkan Berat Badan

Tekanan darah seringkali meningkat seiring bertambahnya berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea), yang selanjutnya meningkatkan tekanan darah. Penurunan berat badan adalah salah satu perubahan gaya hidup yang paling efektif untuk mengendalikan tekanan darah.

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, kehilangan sedikit saja berat badan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Secara umum, tekanan darah bisa turun sekitar 1 milimeter air raksa (mm Hg) dengan setiap kilogram (sekitar 2,2 pon) berat badan hilang. Selain itu, ukuran lingkar pinggang juga penting. Membawa terlalu banyak beban di sekitar pinggang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

2. Olahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 5 sampai 8 mm Hg . Penting untuk tetap berolahraga agar tekanan darah tidak naik lagi. Sebagai tujuan umum, targetkan setidaknya 30 menit aktivitas fisik sedang setiap hari.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3251 seconds (11.210#12.26)