Kecanggihan Teknologi Semakin Mudahkan Musisi Perkenalkan Karyanya ke Publik

Senin, 28 November 2022 - 18:46 WIB
loading...
Kecanggihan Teknologi Semakin Mudahkan Musisi Perkenalkan Karyanya ke Publik
Kemajuan teknologi yang terjadi di era sekarang ini kian memudahkan para musisi dan penyanyi untuk memperkenalkan karyanya ke publik. / Foto: Tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Perkembangan musik dan industri musik di era teknologi sekarang ini makin pesat. Ya, kemajuan teknologi kian memudahkan para musisi dan penyanyi untuk memperkenalkan karyanya ke publik.

Music Enthusiast/PA Music Business Professional, Shandra Rose mengungkapkan, di zaman sekarang yang sudah serba canggih sangat memudahkan seseorang berkecimpung di dunia musik melebarkan sayapnya.

"Di zaman sekarang orang bisa bikin karya sendiri, promosikan diri sendiri, dan mendistribusikan karya itu sendiri," ujarnya dalam Podcast Aksi Nyata bertema Meniti Karier di Dunia Tarik Suara, Musisi Harus Tahu Bedanya Kerjasama dengan Label Rekaman/Indie di kanal YouTube Partai Perindo , Senin (28/11/2022).

Baca juga: Mediasi Gagal, Haters Dewi Perssik Berinisial W Jalani Pemeriksaan Perdana sebagai Tersangka

Menurut Shandra, terdapat berbagai perbedaan antara zaman dulu dan sekarang. Apabila dahulu seseorang ingin menjadi penyanyi terkenal, maka dia harus bergabung ke salah satu label terlebih dahulu.

Selanjutnya, calon penyanyi atau musisi itu harus memasukkan demo secara manual atau konvensional. Berharap nantinya akan didengarkan dan dilirik produser, sehingga bisa menjadi apa yang mereka impikan berkarir di dunia musik.



"Begitu diterima, tanda tangan kontrak, bikin single, jadi artis. bisa masuk tv atau radio," kata dia.

Namun, saat ini, lanjut Shandra, zaman sudah berubah. Banyak penyanyi yang mengcover lagu-lagu dulu. Bahkan setelah mereka bawakan, malah semakin viral dan dikenal masyarakat.

Baca juga: Empat Kali Mediasi Temui Jalan Buntu, Laporan Dewi Perssik ke Haters Lanjut Terus

"Tapi kalau sekarang, zaman sudah berubah. banyak yang cover, bahkan lebih viral dan laku daripada versi aslinya," tuntasnya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2082 seconds (11.252#12.26)