Penuh Prestasi, Dua Bersaudara Ini Dikenal sebagai Sosok Inspiratif Muda

Selasa, 06 Desember 2022 - 13:01 WIB
loading...
Penuh Prestasi, Dua Bersaudara Ini Dikenal sebagai Sosok Inspiratif Muda
Dua bersaudara ini dikenal sebagai sosok inspiratif muda yang sering mengadakan kunjungan-kunjungan ke sekolah di Indonesia. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Dua bersaudara, Mischka Aoki (13 tahun) dan Devon Kei Enzo (12) membuktikan rasa nasionalisme atau cinta Tanah Air ketika dilantik menjadi Ikon Prestasi Pancasila oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada 3 Desember lalu di Yogyakarta.

Mischka dan Devon, yang menyandang lebih dari 100 medali Olimpiade Matematika dan Sains Intenational, baru saja dianugerahi Ikon Prestasi Pancasila.

Mischka dan Devon merupakan penerima Ikon Prestasi Pancasila termuda dari seluruh tokoh-tokoh yang pernah terpilih selama ini.

Baca juga: Sinetron Jangan Bercerai Bunda Beri Pelajaran Betapa Berharganya Keluarga

Selain prestasi mereka dalam Olimpiade Internasional, dua penerima Ikon Prestasi Pancasila termuda ini dikenal sebagai sosok inspiratif muda yang sering mengadakan kunjungan-kunjungan ke sekolah di Indonesia. Dalam kunjungannya itu, mereka memberikan bimbingan belajar dan program penguatan literasi profil Pancasila.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada BPIP yang telah memilih kami berdua. Semoga kami berdua bisa terus menjadi penggerak Pancasila di lingkungan negara serta dunia," ungkap Mischka dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Mereka selalu optimistis untuk terus menggerakkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila kepada masyarakat, terutama kalangan generasi muda.

"Kami berdua yakin meskipun hanya mulai dengan 1 orang yang bergerak, kita akan bisa menggerakan 100 orang. Dan dari 100 orang yang bergerak, maka kita akan bisa menggerakkan 1.000 orang. Dan dari 1.000 orang nantinya, kita akan bisa menggerakan 1 juta orang untuk ikut serta menjadi penggerak Pancasila bersama," tutur Devon.

Sementara itu, penyelenggaraan Ikon Prestasi Pancasila tahun ini digelar secara offline. Kali ini, dipilih ikon prestasi, baik secara individu, kelompok, maupun komunitas dalam lima kategori, yakni Sains dan Inovasi, Olahraga, Seni dan Budaya, Kewirausahaan Sosial, serta Tokoh dan Penggerak Lintas Iman.

Kegiatan tahunan ini diadakan sebagai apresiasi terhadap putra-putri terbaik di seluruh penjuru Tanah Air yang senantiasa gigih berkarya dan menorehkan prestasi yang berdampak baik bagi negara dan bangsa Indonesia.

Baca juga: Menkes Budi Gunadi Optimistis Pidie Bisa Penuhi Target Imunisasi Polio

Adapun deretan peraih Ikon Prestasi Pancasila diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi BPIP dalam setiap upaya pembumian nilai-nilai Pancasila yang teraktualisasi dalam laku hidupnya, sehingga bisa menjadi inspirasi nyata di seluruh lapisan masyarakat.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4154 seconds (0.1#10.140)