4 Negara untuk Liburan Hemat Akhir Tahun 2022, Ini Rekomendasinya

Kamis, 08 Desember 2022 - 06:30 WIB
loading...
A A A
4 Negara untuk Liburan Hemat Akhir Tahun 2022, Ini Rekomendasinya

Foto/Shutterstock

Tiket pesawat termurah menuju Malaysia bisa didapatkan pada awal pekan bulan Desember dengan harga tiket Rp1,2 juta. Untuk biaya penginapan di hotel termurah Negeri Jiran dipatok mulai dari Rp199 ribu per malam. Sedangkan untuk penginapanbudgetala kamar asrama bisa lebih murah lagi, yakni mulai Rp98 ribuan per malam.

Saat jalan-jalan, ada baiknya Anda menggunakan transportasi umum. Malaysia memiliki layanan transportasi umum yang memadai dan terjangkau, seperti kereta dan bus. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah Bus Go KL yang dapat Anda manfaatkan secara gratis.Sedangkan untuk makanan, hidangan Malaysia biasanya sangat kental dengan unsur budaya China, India, Indonesia, Thailand, dan Singapura.

Nasi dan mie adalah dasar dari sebagian besar hidangan. Sedangkan lauk berupa ayam, sapi, dan ikan menjadi menu utama di sini.Ada hidangan khas seperti nasi lemak, roti canai, hingga ikan bakar, laksa yang bisa Anda cicipi. Berbagai menu makanan utama dan jajanan ini bisa didapatkan di warung kaki lima pinggir jalan dengan kisaran harga mulai dari Rp6.500 hingga Rp50 ribu.

Selama berlibur di Malaysia, Anda bisa berkunjung ke kawasan Menara Kembar Petronas, Menara KL, Daerah Bukit Bintang, Jalan Alor, Masjid Jamek, Jalan Masjid India, Pasar Seni, Dataran Merdeka, Jalan Petaling (kawasan Pecinan), Taman Tasik Perdana hingga Kuil Sri Mahamariamman. Semua destinasi tersebut tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis.

Apabila ingin ke pulau untuk menikmati wisata alam dan pantai, seperti Langkawi dan Penang, gunakanlah kapal feri. Biaya tiket kapal feri ke Langkawi sekitar 60 ringgit Malaysia atau sekitar Rp196 ribu. Sedangkan tarif feri menuju Penang lebih murah lantaran lebih dekat dengan daratan utama.



3. Jepang


4 Negara untuk Liburan Hemat Akhir Tahun 2022, Ini Rekomendasinya

Foto/Shutterstock

Anda bisa memesan tiket pesawat murah untuk keberangkatan bulan Desember di pekan pertama dengan kisaran harga termurah Rp4,55 juta. Harga tiket untuk keberangkatantanggal 15 hingga 31 Desemberlebih tinggi, yakni sekitar Rp5,93 juta sampai Rp7,9 juta.Untuk penginapan, Anda bisa memilih hostel karena lebih murah dan fasilitasnya pun tidak begitu kalah jauh dengan hotel berbintang. Harga hostel di Jepang biasanya sekitar Rp150 ribu hingga Rp500 ribu per malam.

Terkait transportasi, jika Anda hanya ingin berlibur di sekitar Tokyo atau Osaka-Kyoto, dengan asumsi mengunjungitiga hingga empat tempat wisata per hari, biaya transportasi umum (kombinasi Metro, Subway, dan bus) yang dibutuhkan mulai dari 1.000 yen atau setara Rp103 ribuan. Apabila ingin berkunjung ke tiga wilayah tersebut secara bersamaan, disarankan untuk membeli JR Pass agar lebih hemat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)