Ini Alasan Tamu Undangan Dilarang Memakai Batik Parang di Pernikahan Kaesang-Erina

Jum'at, 09 Desember 2022 - 11:36 WIB
loading...
Ini Alasan Tamu Undangan Dilarang Memakai Batik Parang di Pernikahan Kaesang-Erina
Pernikahan Kaesang-Erina tinggal menghitung hari demi hari saja. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Pernikahan Kaesang-Erina tinggal menghitung hari demi hari saja. Segala bentuk persiapan pun telah dilakukan oleh panitia terkait, termasuk salah satunya mengenai aturan-aturan yang wajib diperhatikan tamu undangannya .

Dari sekian aturan yang disampaikan perihal pernikahan Kaesang-Erina ini, salah satu yang cukup menyita perhatian adalah dilarangnya para tamu undangan untuk mengenakan batik Parang.

Baca juga : Profil Allen Adam Rinaldy Gudono, Wali Pernikahan Kaesang Erina

Lantas, mengapa pemakaian batik parang dilarang untuk tamu undangan di pernikahan Kaesang-Erina?

Dikutip dari pemberitaan MPI, usut punya usut, ternyata aturan seputar larangan penggunaan batik Parang bagi tamu undangan bukanlah permintaan dari keluarga calon pengantin, baik Kaesang maupun Erina sendiri.

Dalam hal ini, Juru Bicara Pernikahan, Gibran Rakabuming menyebutkan bahwa aturan tersebut sejatinya merupakan ketentuan dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara (MN) X.

Selain itu, kakak dari Kaesang Pangarep ini juga menyampaikan bahwa aturan tersebut sudah disertakan di undangan para tamu. Sehingga, menurutnya hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

"Harusnya sudah tahu semuanya ya, karena seharusnya itu ada di undangan," ucap Gibran, seperti dikutip.

Baca juga : Tamu Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina Gudono Wajib Bawa Barcode

Lebih lanjut, sebelumnya Kaesang juga telah mengkonfirmasi hal yang sama terkait larangan penggunaan batik Parang. Senada dengan Gibran Rakabuming, dia menyampaikan bahwa hanya Gusti Bhre yang diperkenankan memakai motif batik tersebut.

"Yang boleh pakai motif itu (batik parang lereng) kan kanjeng gusti, yang lainnya kaya kita kan rakyat biasa, jadi pakai yang biasa juga," ujar Kaesang

Selain larangan penggunaan batik Parang bagi tamu undangan, terdapat sejumlah aturan lain yang ditentukan pada pernikahan Kaesang-Erina ini. Diantaranya adalah wajib membawa undangan resmi, dilarang membawa kendaraan pribadi, hingga tidak menerima amplop sumbangan.

Rencananya, proses akad nikah pernikahan Kaesang-Erina akan berlangsung pada Sabtu, (10/12/2022) di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Sementara prosesi Ngunduh Mantu akan diadakan di Puro Mangkunegaran, Solo.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)