5 Cara Ampuh Jaga Kesehatan Paru-Paru

Sabtu, 10 Desember 2022 - 06:20 WIB
loading...
A A A
Istirahatkan paru-paru dengan menghindari paparan asap rokok dari orang lain, tidak berolahraga di tengah lalu lintas yang padat, menghindari beraktivitas di luar ruangan ketika paparan polusi sedang tinggi, dan menggunakan masker jika rentan mengalami paparan polutan di tempat kerja.

4. Bernapas Lebih Dalam
Tahukah Anda, ketika bernapas pendek-pendek, Anda hanya menggunakan sebagian kecil paru-paru. Padahal, pernapasan dalam membantu membersihkan paru-paru dan melancarkan pertukaran oksigen di dalamnya.

Dalam studi berjudul Acute Effects of Deep Breathing for A Short Duration (2-10 Minutes) on Pulmonary Functions in Healthy Young Volunteers yang diterbitkan oleh Indian Journal of Physiology and Pharmacology, menyebutkan bahwa bernapas dalam-dalam meski hanya beberapa menit sangat bermanfaat untuk fungsi paru-paru.

5. Mencegah dari Infeksi
Salah satu hal yang juga berbahaya bagi paru-paru adalah adanya infeksi, terutama seiring bertambahnya usia. Bahkan, lansia yang berada dalam kondisi sehat pun akan sangat mudah terinfeksi pneumonia jika tidak menjaga kebersihan.

Cara terbaik untuk menghindari infeksi paru-paru adalah menjaga tangan tetap bersih cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan hindari terlalu sering menyentuh wajah.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)