Cegah Anemia, Ini 4 Buah Penambah Darah yang Murah dan Mudah Ditemui

Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:29 WIB
loading...
Cegah Anemia, Ini 4 Buah Penambah Darah yang Murah dan Mudah Ditemui
Cara untuk mengatasi anemia salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi buah. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Anemia menjadi salah satu penyakit yang cukup tinggi menyerang remaja. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan 2018 menemukan prevalensi anemia pada remaja sebesar 32 persen, artinya 3-4 dari 10 remaja menderita anemia.

Laman kesehatan Medical News Today menyebutkan bahwa anemia terjadi ketika jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin, protein di dalam sel darah merah rendah.

Cara untuk mengatasi anemia salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi buah. Seperti jamak diketahui, buah merupakan salah satu makanan untuk menunjang kesehatan secara alami.

Baca juga: Atasi Kanker Serviks, Indonesia Akan Produksi Vaksin HPV Sendiri

Lantas buah apa saja yang mampu mencegah anemia ? Berikut ulasannya.

1. Pisang

Salah satu buah yang dikenal dengan harga cukup terjangkau ini ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pisang menjadi buah yang dikenal memiliki kandungan karbohidrat, kalium, dan magnesium yang sangat tinggi.

Kandungan zat besi dalam pisang dinilai mampu mencegah penyakit anemia. Selain itu, pisang juga mengandung banyak vitamin yang memengaruhi produksi darah dalam tubuh.

2. Jeruk

Buah yang kaya kandungan vitamin C ini juga baik untuk kesehatan. Anemia merupakan salah satu kondisi kekurangan zat besi. Dengan mengonsumsi buah jeruk, vitamin C dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Tubuh pun akan lebih mudah menyerap zat besi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1094 seconds (0.1#10.140)