Kuaci Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasannya

Minggu, 18 Desember 2022 - 11:40 WIB
loading...
Kuaci Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasannya
Makanan ringan kuaci atau biji bunga matahari yang biasa menemani Anda bersantai kerap dikaitkan dengan kolesterol. Foto/Ilustrasi/Times of India
A A A
JAKARTA - Makanan ringan kuaci atau biji bunga matahari yang biasa menemani Anda bersantai kerap dikaitkan dengan kolesterol.

Makanan apapun bisa jadi salah satu faktor pemicu gangguan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun apakah benar kuaci bisa sebabkan kolesterol?

Melansir dari Healthline, biji bunga matahari sangat tinggi vitamin E dan selenium, berfungsi sebagai antioksidan, untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang juga berperan dalam penyakit kronis.

Bentuknya yang kecil memiliki rasa yang ringan, seperti kacang, dan tekstur yang keras namun lembut. Mereka sering dipanggang untuk menambah rasa, meski Anda juga bisa membelinya mentah.



Kemudian, kuaci ternyata memiliki kandungan Cynarin dari biji bunga matahari bermanfaat bagi kesehatan.

"Dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol. Efek yang berpotensi menguntungkan orang dengan hiperglikemia atau hiperlipidemia," keterangan dalam laman Medical News Today.

Sementara kandungan nutrisi dalam biji bunga matahari yaitu, tinggi protein dan kaya lemak sehat, dan lain-lain. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (UASD) ¼ cangkir biji bunga matahari panggang kering tanpa garam mengandung:

Kalori: 207
Protein: 5,8 gram
Lemak: 19 gram
Karbohidrat: 7 gram
Serat: 3,9 gram

Sekadar informasi, mengonsumsi kuaci perlu juga ada pertimbangan. Walaupun biji bunga matahari ini makanan sehat, ada beberapa risiko yang harus diperhatikan, diantaranya alergi, bakteri dan juga berkalori tinggi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)