Ayam Ingkung Mbak Sri, Nikmatnya Nendang Segurih Rasanya

Sabtu, 11 Juli 2020 - 09:54 WIB
loading...
Ayam Ingkung Mbak Sri, Nikmatnya Nendang Segurih Rasanya
Foto: Facebook Ayam Ingkung Mbak Sri
A A A
YOGYAKARTA - Berbicara kuliner di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Berbagai menu dan inovasi terus bermunculan. Mulai dari kuliner tradisional hingga modern (kekinian) mudah didapatkan.

Satu di antarnya seperti yang ditawarkan Warung Ayam Ingkung Mbak Sri di Jalan Kebun Agung Km 6, Bedingin, Sumberadi, Mlati, Sleman.

Sesuai dengan namanya, menu yang menjadi andalan adalah ayam ingkung. Ada tiga varian ayam ingkung yang ditawarkan, yaitu ayam ingkung original santan, ayam ingkung original tanpa santan, dan ayam
ingkung goreng. Ketiga menu ini sama-sama gurih. Adapun yang membedakan hanya jenis ayam dan penyajiannya. (Baca: Coba Curi Magna Carta, Pria Inggris Dijebloskan ke Penjara)

Ayam ingkung original santan bahannya ayam kampung dimasak dengan santan kelapa dan bumbu rempah-rempah yang khusus diracik, serta diberi kuah areh. Ayam ingkung original tanpa santan memakai ayam jawa super, bumbunya dimarinasi dengan bumbu tradisional, lalu digoreng sehingga bumbu meresap. Penyajiannya dengan dibakar atau digeprek.

Untuk ayam ingkung goreng juga menggunakan ayam kampung, sedangkan untuk bumbunya sama dengan yang original. Namun, bumbunya dimarinasi dengan bumbu tradisional, lalu digorang sampai bumbunya meresap.

Rasa gurih inilah yang menjadi ciri khas Ayam Ingkung Mbak Sri. Tidak mengherankan sejak dibuka pada Januari 2012 lalu langsung menarik perhatian dan selalu diserbu pembeli. Apalagi saat waktu
makan siang. Belum lagi yang memasang lewat telepon maupun WhatApps (WA).

“Inilah yang membedakan kami dengan ayam ingkung lainnya, yaitu rasa gurihnya meresap di luar maupun di dalam,” kata Mila Riska, Manajer Warung Ayam Ingkung Mbak Sri.

Untuk ayam ingkung Mbak Sri sendiri, baik original santan, tanpa santan maupun goreng menawarkan beberapa paket. Mulai dari paket utuh, sedang, separuh besar, separuh sedang, pupu gendhing hingga dada menthok. (Baca juga: Membuat Ayam Panggang Madu Merah Praktis dengan Teflon)

Dalam satu paket terdiri dari ayam sesuai pesanan, ditambah dengan gudangan dan nasi uduk, serta tiga jenis sambal, yaitu sambal bawang, terasi, dan lombok ijo. Ayam Ingkung Mbak Sri pun siap menggoyang lidah dan membuat siapa saja jatuh cinta pada suapan pertama.

Harga Ayam Ingkung Mbak Sri juga sangat terjangkau sesuai ukurannya. Seperti ayam utuh original santan dan tanpa santan Rp130.000 dan goreng Rp135.000. Satu paket ayam utuh ini bisa untuk delapan orang.

Selain itu ada menu paket ayam ingkung ukuran 1/8 dan ¼. Ukuran 1/8 Rp27.000, ukuran ¼ Rp37.000. Dilengkapi dengan nasi areh, nasi putih biasa/gurih, gudangan, sambal terasi, bawang, lalapan, air mineral dan buah. Selain ayam ingkung,Warung Ayam Ingkung Mbak Sri juga menawarkan menu paket bebek goreng.

“Biasanya pembeli pesannya ayam ingkung original santan, kebanyakan yang memesan para pegawai saat makan siang maupun paket untuk keperluan kantor,” sebut Riska. (Baca juga: Inspirasi Menu Praktis untuk Bekal ke Kantor)

Warung Ayam Ingkung Mbak Sri buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB. Untuk melayani para pembeli, warung ini dibantu 20 karyawan. Saat pandemi juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Di antaranya menyiapkan tempat cuci tangan beserta sabun dan air yang mengalir dan mengatur tata letak tempat duduk.

“Membuka warung ayam ingkung ini juga untuk melestarikan dan nguri-nguri budaya nenek moyang,” paparnya.

Seorang pembeli Anggono (45) mengaku baru pertama kali datang ke Warung Ayam Ingkung Mbak Sri. Ia datang bersama keluarga karena penasaran dengan rasa gurihnya. Karena itu, memesan ayam ingkung utuh
original santan. “Untuk rasa gurihnya memang nendang, bikin ketagihan. Apalagi harganya cukup bersahabat,” akunya. (Priyo Setyawan)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)