Jangan Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Makan Pakai Tangan bagi Kesehatan

Jum'at, 23 Desember 2022 - 07:59 WIB
loading...
Jangan Dilewatkan, Ini 5 Manfaat Makan Pakai Tangan bagi Kesehatan
Makan menggunakan tangan ternyata memiliki manfaat yang baik buat kesehatan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Makan menggunakan tangan ternyata memiliki manfaat yang baik buat kesehatan . Makan merupakan salah satu bagian terpenting dari kehidupan manusia.

Bagi umat Islam, makan dengan menggunakan tangan kanan telah disunahkan oleh Rasulullah SAW. Dalam makan pun, Islam pun memiliki adab .

"Setiap perbuatan Nabi Muhammad bisa dijadikan teladan. Termasuk bagaimana mengatur pola makan yang baik, serta menjadikan makan dengan tangan bagian dari sunah," ungkap Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin saat dihubungi baru-baru ini.

Baca juga: Lakukan 6 Kebiasaan Ini untuk Bersihkan Jerawat dengan Tepat

"Rasulullah selalu makan dengan tangan kanan, mengunyah makanan dengan baik, tidak tergesa menelan makanan, makan dengan duduk tidak berdiri dan berhenti sebelum kenyang, serta makanan yang halal tentunya," jelas dia.

Namun, seiring perkembangan zaman, sebagian orang sudah beralih menggunakan sendok sebagai alat makan dibandingkan dengan menggunakan tangan. Hal ini juga yang menjadi salah satu standar antara masyarakat kota dan desa.

Sementara itu, seperti dilansir laman Times of India, dibandingkan sendok makan, makan dengan tangan memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya sebagai berikut.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Makan dengan tangan adalah bagian dari olahraga yang luar biasa, serta dapat membantu sirkulasi peredaran darah. Baik itu mencampur makanan bersama-sama atau membentuk gigitan makanan, menggunakan tangan membuat persendian dan jari-jari mudah bergerak yang setara dengan olahraga tangan lainnya.

2. Membantu Mempertahankan Proporsi Makanan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)