Tidak Perlu Bingung, Ini 6 Cara Efektif Hilangkan Dahak Bayi

Jum'at, 23 Desember 2022 - 15:03 WIB
loading...
Tidak Perlu Bingung, Ini 6 Cara Efektif Hilangkan Dahak Bayi
Si kecil kerap mengalami pilek, serta mengeluarkan banyak lendir dari hidung mungilnya dan tenggorokannya akibat dari kondisi cuaca yang tidak menentu. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kesehatan bayi sering terganggu akibat dari kondisi cuaca yang tidak menentu. Dalam kondisi tersebut, si kecil kerap mengalami pilek, serta mengeluarkan banyak lendir dari hidung mungilnya dan tenggorokannya.

Tentunya, hal-hal itu membuat bayi merasa tidak nyaman, dan menjadi rewel. Di sini, bunda harus memahami bagaimana cara mengeluarkan dahak dari saluran pernapasannya.

Sedikitnya terdapat 6 cara yang bisa bunda lakukan untuk mengeluarkan dahak bayi tanpa harus menyakitinya.

Baca juga: Cegah Penularan Covid-19, Kemenkes Imbau Gereja Lakukan Ini saat Ibadah Natal

1. Menggunakan Daun Sirih

Beberapa bahan alami dapat membantu memperbaiki kesehatan, salah satunya adalah daun sirih. Daun ini juga efektif membantu bayi mengeluarkan dahaknya.

Caranya panaskan daun sirih dengan cara direbus. Selanjutnya setelah suhunya agak turun menjadi hangat, tempelkan daun tersebut di bagian dada atau punggung bayi. Perlahan dahak akan menjadi encer.

2. Memberikan Uap

Memberikan uap kepada bayi dilakukan agar dahak atau lendir yang mengganggunya perlahan dapat membantu mengeluarkannya.

Caranya, tempatkan alat penguap atau pelembab kabut dingin di kamar bayi Anda untuk menambah kelembaban udara. Ini dapat membantu membersihkan hidung tersumbat mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8991 seconds (0.1#10.140)