Tidak Perlu Bingung, Ini 6 Cara Efektif Hilangkan Dahak Bayi

Jum'at, 23 Desember 2022 - 15:03 WIB
loading...
A A A
Anda bisa memberikan uap air panas yang sudah diteteskan minyak kayu putih. Kemudian jangan lupa membersihkan alat uapnya, supaya tidak mudah tumbuh jamur.

3. Menepuk-nepuk Punggung Bayi

Cara lainnya, Anda bisa menepuk-nepuk punggung bayi secara lembut, supaya lendir atau dahak yang ada di tenggorokannya bisa keluar.

Lantas bagaimana caranya? Pertama-tama posisikan bayi dalam keadaan tengkurap, kemudian tepuk punggung bagian kanan dan kiri.

Kemudian letakkan bayi dalam keadaan tubuhnya miring, lalu tepuk perlahan dada bayi guna membuat dahaknya cepat keluar. Pastikan cara satu ini anak dalam keadaan kosong, tidak minum ASI atau susu formula lebih dulu, karena nantinya akan ikut dimuntahkan.

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Supaya dahak cepat keluar dari tenggorokan bayi, yaitu dengan cara berjemur di bawah sinar matahari. Ini cukup efektif agar dahak yang kental bisa mencair.

Cara satu ini umumnya dilakukan kepada bayi yang masih sangat kecil. Bunda bisa menjemur buah hati yang sedang tersumbat dahak antara pukul 08.00-09.00 di saat sinar matahari pagi sedang hangat-hangatnya.

5. Berikan ASI Eksklusif Teratur

Selanjutnya bunda bisa memberikan ASI eksklusif kepada bayi Anda, supaya membantu mengeluarkan dahak di tenggorokannya. Terutama bayi usia di bawah 6 bulan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4804 seconds (0.1#10.140)