5 Makanan dan Minuman Sehat yang Dikonsumsi Lionel Messi, Nomor Terakhir Herbal Asal Amerika Selatan

Selasa, 27 Desember 2022 - 09:11 WIB
loading...
5 Makanan dan Minuman Sehat yang Dikonsumsi Lionel Messi, Nomor Terakhir Herbal Asal Amerika Selatan
Makanan dan minuman sehat yang dikonsumsi Lionel Messi sebetulnya banyak. Namun hanya beberapa saja yang mungkin menarik dan penting diketahui, mulai dari Minyak Zaitun hingga Yerba Mate. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Makanan dan minuman sehat yang dikonsumsi Lionel Messi sebetulnya banyak. Namun hanya beberapa saja yang mungkin menarik dan penting diketahui, mulai dari Minyak Zaitun hingga Yerba Mate.

Seperti diketahui, baru-baru ini sorot mata dunia semua tertuju pada prestasi kapten timnas Argentina yang begitu fenomenal itu. Namanya sudah dikenal sejak belasan tahun lalu, kini kiprahnya di dunia sepak bola pun disebut-sebut kian meroket lantaran berhasil mengantarkan Argentina memboyong trofi Piala Dunia 2022.

Meski Piala Dunia sudah berakhir, nama Messi justru kian bersinar. Banyak hal yang harus dilakukan oleh pemain yang mendapat julukan Greatest of All Time (GOAT) untuk sampai diposisi ini. Salah satunya, menjaga pola hidup sehat dengan mengatur asupan yang masuk ke tubuhnya.

Messi pun dikenal melakukan diet dengan menjaga pola makan sehat. Berikut 5 makanan dan minuman yang dikonsumsi Lionel Messi sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:



1. Minyak Zaitun

Dalam dunia gizi dan medis, minyak zaitun juga sudah diakui sebagai salah satu bahan makanan sehat yang perlu dikonsumsi.Minyak zaitun juga mengandung banyak manfaat seperti:

* Menurunkan kadar kolesterol

Minyak zaitun bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan juga bisa membantu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL). Sehingga minyak zaitun juga diketahui memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung berkat kemampuannya meredam kadar kadar kolesterol jahat.

* Mencegah risiko kanker

Minyak zaitun dikenal memiliki sifat membantu menaikkan kadar antioksidan pada makanan lain. Seperti diketahui, antioksidan diperlukan tubuh untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak dan ini berarti bisa mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.

2. Sayuran segar

Sayuran segar selalu hadir di semua menu makanan Lionel Messi, mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam, seringkali disajikan dengan sederhana seperti salad.

Beberapa manfaat dari sayur-sayuran segar adalah:

* Menjaga kesehatan mata
* Memperlancar buang air besar (BAB)
* Mencegah dehidrasi karena sumber cairan alami
* Mencegah radikal bebas
* Membersihkan racun pada tubuh

3. Buah-Buahan Segar

Buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral sehingga menjadi asupan yang baik bagi Messi yang memiliki jadwal aktivitas yang padat.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang rendah kalori namun tetap tinggi protein bisa dijadikan pengganti camilan tak sehat. Seperti yang diketahui, protein sangat baik untuk membantu perkembangan massa otot sekaligus menjaga kesehatan.

Kacang almond dan pistachio bisa jadi alternatif pengganti camilan yang kurang sehat. Kedua jenis kacang ini selain rasanya nikmat, kandungan proteinnya juga tinggi.

5. Yerba Mate

Ini adalah sejenis teh herbal yang banyak tumbuh di Amerika Selatan, salah satunya di Argentina. Yerba mate umumnya juga dijadikan ramuan-obat-obatan sejak zaman dulu oleh orang-orang asli benua Amerika.

Yerba mate berasal dari daun pohon mate dan diolah sebagai ramuan kesehatan yang berfungsi untuk memulihkan tubuh dari kelelahan.

Namun kini dalam penelitian medis juga ditemukan bahwa yerba mate juga berguna untuk membantu kesehatan jantung, meredakan sakit kepala, memulihkan tekanan darah rendah, mengatasi depresi dan meredakan sakit kepala.

Yerba mate juga merupakan sumber kafein yang bisa membantu kekuatan tubuh dalam beraktivitas, terutama untuk seorang atlet seperti Lionel Messi.

Selain itu, Messi diketahui menyukai menu ayam panggang yang dikombinasikan dengan berbagai macam sayur.

Berikut adalah bahan yang perlu disiapkan:

* Minyak zaitun 30 gram
* Garam secukupnya
* Empat siung bawang putih geprek
* Satu buah bawang bombay
* Seikat wortel
* Daun bawang
* 700-800 gram kentang
* 4 paha ayam
* Daun thyme segar

Cara memasak:

* Panaskan oven hingga 200 derajat celcius
* Oleskan minyak zaitun dan garam secukupnya ke alas pemanggang
* Campur semua jenis sayuran yang telah dicincang dengan bawang putih serta sedikit garam. Susun di nampan yang telah disiapkan.
* Susun potongan daging ayam kemudian taburi dengan daun thyme segar dan bawang bombay
* Panggang selama 45 menit pada suhu 190 derajat
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)