Ini 5 Olahraga dan Latihan Fisik yang Cocok buat Ibu Hamil Trimester Pertama

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:47 WIB
loading...
Ini 5 Olahraga dan Latihan Fisik yang Cocok buat Ibu Hamil Trimester Pertama
Beberapa olahraga ini disarankan bagi para ibu hamil trimester pertama yang ingin melakukan olahraga dengan resiko minim baik bagi calon ibu dan jabang bayi. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Ibu hamil trimester pertama disarankan untuk melakukan olahraga. Tentunya, olahraga tersebut yang minim risiko, baik bagi sang ibu maupun jabang bayi.

Di samping itu, pada masa awal-awal kehamilan, ibu hamil akan merasakan gejala yang cukup membuat tidak nyaman atau yang sering disebut morning sickness.

Sejumlah olahraga ringan atau latihan fisik sangat membantu menghilangkan rasa tak nyaman tersebut. Seperti dilansir Medical News Today, berikut latihan yang direkomendasikan untuk para ibu selama awal kehamilan.

Baca juga: BPOM Izinkan Vaksin Covid-19 untuk Anak 6 Bulan hingga 11 Tahun

1. Kegel

Senam kegel atau senam dasar panggul, bekerja untuk memperkuat otot-otot yang menopang organ perut, termasuk rahim, vagina, usus, dan kandung kemih.

Latihan-latihan ini juga membantu menjaga kontrol fungsi kandung kemih dan dapat mengurangi risiko wasir.

Dengan kondisi kandung kemih kosong, remas otot kegel dan tahan kontraksi selama 5-10 detik sebelum mengendurkan. Cobalah untuk menghindari penggunaan otot di sekitarnya, seperti otot bokong, kaki, atau perut.

2. Berjalan dan Joging

Berjalan di permukaan yang datar dan rata adalah salah satu bentuk olahraga yang paling lembut dan termasuk dalam low impact sehingga ideal untuk ibu hamil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)