Ini 5 Olahraga dan Latihan Fisik yang Cocok buat Ibu Hamil Trimester Pertama

Selasa, 27 Desember 2022 - 17:47 WIB
loading...
A A A
3. Berenang dan Aerobik Air

Berenang dan aerobik air adalah latihan low impact yang dapat membantu menjaga tubuh tetap kencang dan tidak menimbulkan risiko untuk jatuh.

Jika seseorang terbiasa berenang atau melakukan aerobik air, rutinitasnya biasanya aman selama trimester pertama kehamilan.

Jika seseorang baru belajar renang, mereka mungkin bisa memulainya dengan mengikuti 2 atau 3 kelas selama 30 menit setiap minggu. Kemudian setelah terbiasa bisa ditingkatkan sedikit intensitasnya menjadi beberapa kali dalam seminggu atau sesering yang mereka rasa nyaman.

4. Yoga

Melakukan yoga memungkinkan para calon ibu meregangkan dan memperkuat tubuh mereka dengan lembut. Ini juga mendorong keterampilan mindfulness yang bisa sangat membantu selama persalinan, seperti pernapasan terkontrol dan meditasi.

Bagi calon ibu yang baru mengenal yoga dapat mencoba menghadiri satu sesi 30 menit per minggu. Sedangkan bagi orang yang terbiasa melakukan yoga seringkali dapat melanjutkan rutinitasnya yang biasa selama awal kehamilan.

Anda juga bisa berkonsultasi lebih dulu kepada dokter Anda, gerakan-gerakan apa yang sebaiknya dihindari ketika melakukan latihan yoga.

5. Pilates

Pilates dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan inti, yang dapat mengurangi risiko calon ibu terjatuh. Aktivitas ini juga bisa membantu meredakan nyeri punggung bagian bawah yang terkait dengan penambahan berat badan, terutama di bagian depan tubuh.

Orang yang baru mengenal pilates dapat memulai secara bertahap dengan melakukan beberapa sesi per minggu, masing-masing berlangsung selama 5-10 menit. Kemudian bisa mencoba untuk menghadiri sesi yang berlangsung selama 30-60 menit.

Baca juga: 6 Tips Atasi Bibir Pecah-Pecah Jadi Lebih Sehat dan Indah

Sama halnya dengan yoga, alangkah baiknya apabila Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter terkait gerakan-gerakan apa yang sebaiknya dihindari calon ibu yang tengah mengandung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)