Ini Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Putuskan Pelihara Hewan

Rabu, 28 Desember 2022 - 20:47 WIB
loading...
Ini Hal yang Harus Diperhatikan sebelum Putuskan Pelihara Hewan
Pemilik klinik hewan Anggara Fajri Prasafitra dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (28/12/2022). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Melihat hewan nan menggemaskan kerap membuat kita tak tahan ingin memeliharanya. Pasalnya, memelihara hewan menjadi sesuatu hal yang menyenangkan.

Namun, untuk memelihara hewan, Anda tidak bisa bermodal gemas saja. Bak merawat anak, untuk memelihara hewan peliharaan, Anda juga butuh tanggung jawab besar dan komitmen. Apa saja itu?

Anggara Fajri Prasafitra, salah seorang owner klinik hewan memaparkan, banyak pertimbangan yang harus diperhatikan ketika seseorang ingin memiliki hewan peliharaan. Yang pertama yakni harus benar-benar sayang dengan hewan peliharaan. Dengan kata lain, kita adalah seorang penyayang hewan.

“Yang pertama adalah karena kita benar-benar sayang dengan hewan. Yang kedua karena keluarga kita pun sayang. Nah karena banyak kasus ini istrinya ingin pelihara hewan, tapi suaminya nggak dukung. Alhasil ketika si kucing sakit, butuh biaya, si suami nggak mau bantu. Sedangkan istri ibu rumah tangga. Ujungnya ya udah buang aja kucing, itu masalah,” tutur Anggara dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu, (28/12/2022).



“Atau si anak misal anak SMA-nya beli kucing karena seru-seruan, giliran sakit kan banyak support orang tua untuk pembiayaan, tapi orang tuanya nggak suka hewan. Akhirnya orang tuanya bilang ya udah buang aja kucing kampung ini,” lanjutnya.

Pertimbangan selanjutnya ketika kita ingin memelihara kucing, lanjut Anggara, adalah terkait finansial. Pasalnya, tak bisa dipungkiri, memelihara hewan peliharaan tentu akan butuh banyak pengeluaran uang. Baik untuk makan maupun perawatan.

“Nah, yang ketiga finansial. Kenapa finansial? Karena bagaimanapun juga perawatan hewan itu butuh dana. Karena hewan yang kita pelihara itu bukan hewan liar. Bukan kucing hutan yang bisa makan tikus, atau makan hewan-hewan di luar, tapi dia butuh makanan komersil untuk pemenuhan nutrisinya. Dan juga butuh vaksin, obat cacing, obat kutu, dan lain-lain,” paparnya.

Pertimbangan terakhir yang harus diperhatikan saat ingin memelihara hewan adalah waktu dan kasih sayang. Sebab, perlu diingat, hewan sama seperti manusia. Mereka juga punya perasaan dan haus akan kasih sayang. Terlebih, pada hewan-hewan peliharaan.

“Nah, yang keempat adalah waktu dan kasih sayang. Kalau kamu nggak punya waktu, ya udah jangan pelihara hewan. Kamu mending jadi rescuer aja. Donasikan uangmu ke rumah singgah hewan atau panti-panti hewan, kamu bisa berinteraksi dengan mereka, daripada kamu memaksa pelihara hewan tapi kamu nggak ada waktu untuk bermain bersama hewan,” papar Anggara.

“Karena ketika kita adopsi hewan itu menjadi milik kita sepenuhnya, dan mereka nggak punya teman main selain kita,” imbuhnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2187 seconds (0.1#10.140)