15 Kasus Terdeteksi di Indonesia, Ini Gejala Omicron BF.7

Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:20 WIB
loading...
15 Kasus Terdeteksi di Indonesia, Ini Gejala Omicron BF.7
Omicron BF.7 sudah terdeteksi di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Kementerian Kesehatan telah mendeteksi 15 kasus varian ini di berbagai daerah di Indonesia. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Omicron BF.7 sudah terdeteksi di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mendeteksi 15 kasus varian ini di berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat tak perlu khawatir. Namun, dia tetap mengimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, terlebih menjelang liburan akhir tahun baru.

"Saat ini sudah ada varian BF.7 ya jumlahnya sekitar 15 kasus, tidak terlalu banyak," jelas Menkes Budi saat acara HUT RS Anak dan Ibu (RSAB) di Jakarta Barat pada Kamis, 29 Desember 2022.

Sementara untuk gejala Omicron BF.7, dijelaskan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi mirip seperti flu.



Sebagaimana diketahui, flu biasa menyebar dari orang ke orang melalui batuk dan bersin. Gejala flu bisa termasuk demam, kedinginan, nyeri tubuh, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan kelelahan yang ekstrem.

"Iya sama (flu)," jelas dr Nadia kepada MNC Portal, Jumat (30/12/2022).

Seperti Menkes Budi, dr Nadia juga meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir. Sebab, sejauh ini kasus Omicron BF.7 di Indonesia tidak menunjukkan jumlah yang meningkat.

Ini karena di Indonesia masih mendominasi varian Omicron XBB. "Kita tidak terlalu khawatir karena sejak Oktober ditemukan masih varian XBB yang mendominasi. Belum ada tanda peningkatan BF.7," tutup dr Nadia.




(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3197 seconds (0.1#10.140)