alexametrics

5 Cara Mengolah Ikan Tuna agar Tidak Amis

loading...
5 Cara Mengolah Ikan Tuna agar Tidak Amis
Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi karena rasanya nikmat serta baik untuk kesehatan. Foto/Freepik
A+ A-
JAKARTA - Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi karena rasanya nikmat serta baik untuk kesehatan. Ikan laut ini mempunyai ukuran yang beragam dengan tekstur daging padat dan empuk. Pengolahan ikan tuna juga beraneka rupa.

Di restoran Jepang, ikan tuna biasanya disajikan mentah sebagai sashimi. Sementara di Indonesia, ikan tuna sering diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti gulai, tuna suwir, ikan tuna goreng, dan sebagainya.

Sayang, tidak semua orang mahir mengolah ikan tuna. Pasalnya, salah mengolah justru akan membuat ikan menjadi amis. (Baca Juga: Kopi Kekinian Botol Literan, Teman Santai dan Bekerja di Rumah)

Berikut tips mengolah ikan tuna secara tepat agar tidak amis, seperti dikutip dari laman EndeusTV.



1. Kenali Jenisnya
Sebelum membeli ikan tuna, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis ikan tersebut. Tuna yang dijual secara beku biasanya berasal dari luar negeri dengan warna merah muda. Namun, tuna lokal terdiri dari berbagai jenis dengan warna yang berbeda-beda, tergantung tempat ditangkapnya. Ada ikan tuna dengan daging yang lebih putih, ada juga yang gelap.

2. Pilih Ikan yang Segar
Tersedia dalam berbagai jenis, namun yang paling penting adalah pilih ikan tuna segar. Adapun ciri ikan segar yaitu memiliki bau amis yang tidak terlalu menyengat. Selain dari aromanya, bisa melihat tingkat kesegaran ikan dari kulitnya yang lembab. Membeli ikan tuna yang utuh lebih mudah untuk mengetahui tingkat kesegarannya daripada ikan tuna potongan.



3. Persiapkan Ikan Tuna
Daging ikan tuna mempunyai serat yang panjang. Anda bisa mengiris ikan tuna sesuai dengan kebutuhan, misalnya irisan tipis untuk sashimi atau irisan lebih tebal untuk gulai. Agar mengiris ikan tuna menjadi lebih mudah, buang kulit ikan tuna karena teksturnya licin dan kurang enak dimakan.

Selain itu, Anda bisa memilih bagian perut atau dada ikan karena pada bagian ini terkandung nutrisi yang paling banyak. Setelah diiris sesuai selera, pastikan Anda mencuci ikan tuna hingga bersih sebelum dimasak. (Baca Juga: Kari Ayam Mentega, Krim Kentalnya Menggoda Selera)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak