5 Cara Mengolah Ikan Tuna agar Tidak Amis

Minggu, 12 Juli 2020 - 19:30 WIB
loading...
5 Cara Mengolah Ikan Tuna agar Tidak Amis
Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi karena rasanya nikmat serta baik untuk kesehatan. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi karena rasanya nikmat serta baik untuk kesehatan. Ikan laut ini mempunyai ukuran yang beragam dengan tekstur daging padat dan empuk. Pengolahan ikan tuna juga beraneka rupa.

Di restoran Jepang, ikan tuna biasanya disajikan mentah sebagai sashimi. Sementara di Indonesia, ikan tuna sering diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti gulai, tuna suwir, ikan tuna goreng, dan sebagainya.

Sayang, tidak semua orang mahir mengolah ikan tuna. Pasalnya, salah mengolah justru akan membuat ikan menjadi amis. ( )

Berikut tips mengolah ikan tuna secara tepat agar tidak amis, seperti dikutip dari laman EndeusTV.

1. Kenali Jenisnya
Sebelum membeli ikan tuna, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis ikan tersebut. Tuna yang dijual secara beku biasanya berasal dari luar negeri dengan warna merah muda. Namun, tuna lokal terdiri dari berbagai jenis dengan warna yang berbeda-beda, tergantung tempat ditangkapnya. Ada ikan tuna dengan daging yang lebih putih, ada juga yang gelap.

2. Pilih Ikan yang Segar
Tersedia dalam berbagai jenis, namun yang paling penting adalah pilih ikan tuna segar. Adapun ciri ikan segar yaitu memiliki bau amis yang tidak terlalu menyengat. Selain dari aromanya, bisa melihat tingkat kesegaran ikan dari kulitnya yang lembab. Membeli ikan tuna yang utuh lebih mudah untuk mengetahui tingkat kesegarannya daripada ikan tuna potongan.

3. Persiapkan Ikan Tuna
Daging ikan tuna mempunyai serat yang panjang. Anda bisa mengiris ikan tuna sesuai dengan kebutuhan, misalnya irisan tipis untuk sashimi atau irisan lebih tebal untuk gulai. Agar mengiris ikan tuna menjadi lebih mudah, buang kulit ikan tuna karena teksturnya licin dan kurang enak dimakan.

Selain itu, Anda bisa memilih bagian perut atau dada ikan karena pada bagian ini terkandung nutrisi yang paling banyak. Setelah diiris sesuai selera, pastikan Anda mencuci ikan tuna hingga bersih sebelum dimasak. ( )

4. Gunakan Bumbu yang Tepat
Tuna adalah ikan yang sudah membawa rasa lezat. Meskipun proses memasaknya hanya menggunakan garam dan lada, ikan tuna tetap akan terasa nikmat. Hindari menggunakan rempah-rempah dengan aroma kuat karena bisa mendominasi rasa gurih alami ikan tuna.

5. Pilih Metode Memasak
Ikan tuna bisa dimasak dengan berbagai metode. Mulai goreng, kukus, tumis, hingga bakar. Namun, yang terpenting adalah tidak memasak ikan tuna terlalu lama dengan suhu tinggi karena dapat merusak nutrisinya. Masak tuna menggunakan suhu 80 derajat celcius selama 7-8 menit. Perhatikan tekstur ikan, jangan sampai menjadi cokelat dan keras.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)