5 Snack Kaya Serat untuk Kurangi Jumlah Asupan Gula

Minggu, 01 Januari 2023 - 08:14 WIB
loading...
5 Snack Kaya Serat untuk Kurangi Jumlah Asupan Gula
Snack kaya serat yang bisa dikonsumsi untuk kurangi jumlah asupan gula antara lain snack bar. Foto/ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Masih terbawa dengan momen pergantian tahun 2022-2023, jangan sampai luput tentang pentingnya kesehatan. Beragam makanan ringan atau snack dan minuman mungkin sudah Anda konsumsi semalam hingga dapat memicu gula dalam darah meningkat.

Khusus bagi Anda yang suka ngemil, tak perlu khawatir gula darah akan meningkat. Dengan demikian, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Pondok Indah menyebutkan ada 5 snack kaya serat yang bisa dikonsumsi untuk kurangi jumlah asupan gula antara lain:

1. Snack bar
2. Olahan chia seed atau biji chia
3. Kacang-kacangan
4. Susu rendah lemak
5. Buah rendah gula seperti stroberi, rasberi, apel, jeruk, dan pir

"Untuk snacking, Anda dapat memilih makanan dan minuman yang kaya serat dan protein sehingga dapat lebih mengenyangkan dan tetap sehat bagi tubuh," kata dr Juwalita dalam keterangannya diterima MNC Portal, baru-baru ini.



Meski begitu setiap orang harus tahu batasan konsumsi gula bagi orang normal (tanpa diabetes) dengan yang alami diabetes berbeda. Takaran gula bagi diabetes tidak lebih dari 2 sendok makan, hal ini berdasarkan aturan Kementerian Kesehatan.

Batasan konsumsi gula dalam sehari menurut rekomendasi dalam Permenkes Nomor 30 Tahun 2013 adalah 10 persen dari total energi yang dibutuhkan atau 200 kilo kalori per hari. Sedangkan untuk anak-anak hanya 2 sendok makan tidak lebih.

"Ini artinya konsumsi gula seseorang dalam sehari maksimal 50 gram per hari atau setara 4 sendok makan. Sementara konsumsi gula untuk anak-anak adalah sekitar 25 gram per hari batasan standar bagi orang dewasa atau anak-anak yang memiliki kadar gula darah normal dan diabetes disarankan membatasi konsumsi gula hingga 25 gram per hari, setara 2 sendok makan," ungkap dr Juwalita.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1355 seconds (0.1#10.140)