Viral! Aksi 5 Pemuda Nyemplung ke Selokan, Ternyata Ini yang Dicari

Senin, 02 Januari 2023 - 19:00 WIB
loading...
Viral! Aksi 5 Pemuda Nyemplung ke Selokan, Ternyata Ini yang Dicari
Aksi lima pemuda nyemplung ke dalam selokan viral di media sosial, terutama Twitter, pada Senin (2/1/2023). Foto/Instagram @pandawaragroup
A A A
BANDUNG - Aksi lima pemuda nyemplung ke dalam selokan viral di media sosial , terutama Twitter, pada Senin (2/1/2023). Tanpa perlengkapan yang memadai dan hanya berbekal trash bag berukuran besar, sepatu boots, serta kaus tangan, Pandawara -begitu nama kelompok lima pemuda tersebut- menelusuri selokan-selokan yang dipenuhi sampah untuk dibersihkan.

Menilik akun Instagram resmi grup tersebut, sebagian besar konten yang diunggah memang berisi aksi para anggota Pandawara yang dengan sigap dan cekatan membersihkan saluran atau aliran air yang tertimbun oleh tumpukan sampah. Pada bio Instagram dan TikTok mereka juga tertulis tagline yang berbunyi ‘bukan membersihkan tapi mengurangi’. Diketahui grup ini berbasis di Bandung.



Akun Instagram Pandawara sudah memiliki 84,3 ribu pengikut, sedangkan TikTok mereka telah diikuti sebanyak 1,6 juta pengikut dengan video unggahan pertamanya pada 19 Agustus 2022, dengan keterangan berbunyi ‘mau banjir? #percaya’ yang memperlihatkan salah satu anggota Pandawara tengah membersihkan selokan di sebuah desa serta menemukan berbagai sampah rumah tangga seperti cangkang telur, buah, dan aneka sampah plastik.

Dalam video tersebut juga diperlihatkan adegan di balik layar atau behind the scene saat pengambilan video yang cukup mengundang gelak tawa juga rasa jijik. Pasalnya, pemuda ini tak menggunakan masker dan harus membersihkan selokan air yang telah bercampur dengan berbagai sisa makanan yang dibuang begitu saja, dan membuat dia hampir muntah. Sedangkan temannya terdengar menertawakan pemuda tersebut.

Video ini mendapat likes sebanyak 369,1 ribu dan telah dibagikan 2.592 kali. Berbagai komentar juga turut membanjiri unggahan video tersebut, mulai komentar kagum hingga lucu karena melihat behind the scene dari pembuatan video tersebut.

“Yang kayak gini harus jadi tren, daripada trend-trend gak jelas. Mending kayak gini memotivasi untuk menjaga kebersihan. Sehat selalu kak,” tulis davv_syuja.



“Keren sih semangat,” ujar pilonas store.

“Kok aku ngakak ya pas liat yang hueek,” kata LUTFI.

Meskipun kelima pemuda ini turun ke dalam selokan yang keadaannya kotor dan pasti bau, penampilan mereka tak kalah kece saat ingin membersihkan sampah.

Kelima pemuda ini menunjukkan berbagai aktivitas mereka yang berpindah-pindah lokasi untuk membantu mengurangi sampah-sampah plastik yang dilakukan di berbagai keadaan cuaca. Mereka bahkan rela masuk ke dalam kolong jembatan sempit untuk mengisi tiap kantung dengan sampah plastik yang terdiri dari berbagai merek, yang dibuang sembarangan oleh warga sekitar.

Aksi kelima pemuda tersebut hingga kini masih terus berjalan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)